Tanda-tanda Kematian Menurut Islam Dari 100 Hari Terakhir

TANDA TANDA KEMATIAN – Kematian, suatu hal yang dari dulu menjadi misteri sejati kaum manusia. Mereka atau kita selalu mencari tahu tentangnya. Bahkan ada yang mencari tentang sebaliknya, tentang keabadian. Padahal kematian adalah suatu hal yang pasti. Dan kita sebagai seorang muslim harus mempercayai hal tersebut karena sudah dijelaskan di Al Quran dan Hadits.

Lalu sedekat apa sebuah kematian yang selalu mendampingi manusia tersebut? Disini kita akan mengetengahkan satu topik yang mungkin tak akan pernah membosankan dan habis untuk dibahas. Karena memang kematian selalu terletak di sisi lain kehidupan manusia, tapi mereka selalu mendampingi. Banyak misteri yang berkaitan dengan kematian juga selalu menarik untuk selalu kita bahas.

kisahasalusul.blogspot.com

Dari berbagai macam misteri tentang kematian manusia tersebut, bisa kita pahami beberapa hal tentang tanda-tanda unik yang sering kali kita tak sadari sebagai manusia. Bahkan pada setiap agama dan juga kepercayaan mempunyai versi tersendiri jika membahas tentang kematian dan juga tanda-tandanya.

Nah, sahabat muslim dimanapun kalian berada. Kalian pasti selalu penasaran akan tanda-tanda kematian tersebut bukan. Dan di dalam Islam, cukup banyak yang telah dibahas tentang “Tanda-tanda kematian yang bisa kita rasakan.

Bahkan walaupun telah dirangkum dengan berbagai sumber yang telah ada, akan banyak fenomena tentang yang sangat sulit sekali terbayangkan di dalam benak pikiran seorang manusia.

Tanda Tanda Kematian menurut Islam dari Bilangan Hari

Telah kita tahu bahwa jika kita berbicara soal kematian dan kehidupan, itu semua adalah urusan Sang Maha Pencipta, Allah S.W.T. Tetapi sebagai seorang muslim, sebenarnya telah diterangkan bahwa tanda-tanda kematian dapat kita rasakan jauh hari sebelumnya.Tentunya, hanya orang-orang muslim pilihanlah yang dapat dengan sadar merasakan setiap tanda yang terjadi pada diri dan ruhnya.

Nah, berikut ini akan saya paparkan sedikit rahasia dari beberapa tanda-tanda kematian tersebut yang dirasakan dari hari ke seratus sampai sehari menjelang kematian seseorang muslim terjadi.

Tanda Tanda Kematian Seratus Hari Sebelum Ajal

Pertama adalah tanda kematian dengan jarak 100 hari sebelum ajal menjemput. Pertanda ini biasa diawali setelah waktu Ashar. Sekujur tubuh manusia yang akan meninggal akan merasakan menggigil, bahkan rasa itu akan menyebar dari ujung ubun-ubun sampai ujung jari kaki.

Orang yang pernah merasakannya mengatakan bahwa tanda ini mempunyai rasa kenikmatan yang cukup luar biasa. Namun sebenarnya itu merupakan isyarat dari Allah kepada makhluknya bahwa ajalnya sudah semakin dekat.

Tanda Tanda Kematian Empat Puluh Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya tanda kematian akan terasa lagi menjelang hari ke-40 dari hari kematian seseorang. Tandanya adalah seseorang tersebut akan merasakan suatu denyutan yang berada di bagian pusar.

Waktu yang terjadi untuk tanda-tanda ini juga terjadi ba’da Ashar. Dikatakan bahwa pada saat pusar berdenyut, sebuah daun bertuliskan namanya yang berada pada Arsy telah gugur. Lalu malaikat Maut segera mengambil satu helai daun itu. Dan mulai pada saat itu, dia akan mulai mengikutimu kemanapun manusia tersebut berada.

Bahkan dikatakan, manusia tersebut yang mempunyai rasa keimanan yang cukup tinggi akan bisa melihat wujud malaikat maut tersebut walaupun hanya sekilas. Dan orang yang melihatnya biasanya akan bingung dan merasa takut karena dia tahu bahwa waktunya di dunia ini tinggal sebentar.

Tanda Tanda Kematian pada Tujuh Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya adalah tanda kematian yang terjadi tujuh hari sebelum maut menjemput seorang manusia. Waktu terjadinya tanda tersebut juga pada ba’da Ashar. Biasanya manusia yang akan meninggal akan merasakan perubahan pada fisiknya serta akan ada perubahan drastis pada kebiasaan yang dijalaninya selama ini.

Apa yang terjadi tujuh hari sebelum Maut menjemput? Kejadiannya juga setelah Ashar. Isyaratnya mulai dirasakan pada keadaan fisik, seperti perubahan kebiasaan. Contohnya adalah orang yang mendadak punya selera makan tinggi padahal sedang mengidap penyakit parah. Atau hAl hal lain yang di luar kebiasaan dan tidak diduga sebagai kebiasaan umum dari orang tersebut.

Tanda Tanda Kematian Tiga Hari Sebelum Ajal

Selanjutnya tanda kematian akan manusa rasakan menjelang tiga hari sebelum ajal tiba. Pada waktu ini, seseorang yang mempunyai kepekaan serta rasa iman yang cukup tinggi akan bisa merasakan tanda datangnya kematian secara nyata.

Salah satu tanda tersebut yang dimaksud adalah denyutan pada dahi. Lebih tepatnya berada di tengah-tengah dahi kita sebagai manusia. Selain itu, jika ada oranglain melihat kita, bola mata kita juga akan kehilangan warna aslinya alias memudar dari sebelumnya. Kedua kaki kita akan terasa lebih lemah, telinga tidak lagi tegak menawan, serta hidung akan terasa sesak atau terbenam.

Jika kamu melalui masa-masa ini suat saat ini, saya sarankan agar kamu mulai berpuasa dan memperbanyak amalan shaleh lainnya. Berpuasa disini selain meningkatkan amal ibadah kita menjelang kematian juga dapat meminimalisir najis yang ada di perut kita sehingga pada saat dimandikan akan lebih muda untuk dibersihkan.

Tanda Tanda Kematian Sehari Sebelum Ajal

Tanda-tanda ini akan  terjadi sehari sebelum kita sebagai manusia meninggal. Denyutan yang akan kita rasakan di ubun-ubun akan memuncak seiring berjalannya waktu. Terutama setelah waktu Ashar. Dan biasanya ini akan menandakan seseorang tersebut tidak akan sampai melewati atau berjumpa lagi dengan waktu Ashar pada esok hari.

Tanda Tanda Terakhir Kematian Akan Terjadi

tanda tanda kematian menurut islam

Tanda-tanda terakhi ini merupakan waktu yang sangat krusial bagi seseorang untuk bertaubat sebelum menemui ajalnya. Tanda yang terjadi biasanya seseorang itu akan merasakan kesejukan di bagian pusar yang menjalar ke bagian pinggang sampai ke tenggorokannya. Pada masa-masa ini, saya sarankan agar kita terus mengingat dan senantiasa berdzikir menyebut nama Allah.

Usahakan pikiran harus tetap tenang serta pusatkan perhatian hanya untuk Allah yang telah menciptakan kita. Sehingga saat ajal menjemput, kita benar-benar siap dan merasakan ketenangan.

Nah, itulah beberapa tanda yang mungkin akan bisa kamu rasakan suatu saat nanti menjelang kematian. Tapi yang namanya misteri kematian, memang tak akan mudah kita ungkapkan walau kita mengerti dan tahu ilmu tentang tanda kematian ini.

Namun dengan mengetahui hal ini, saya harap anda sekalian para pembaca bisa belajar dan juga bersiap dalam menghadapi setiap kematian. Bahwa kita memang akan kembali kepada Allah dan pada saat itu, kita benar-benar siap dengan keimanan yang baik dan setia menemani kita.

Wassalamuallaikum kawan.

9 thoughts on “Tanda-tanda Kematian Menurut Islam Dari 100 Hari Terakhir”

  1. Assalamu’alaikum bapak benny sondak..

    Menurut saya untuk mengingat kematian tidak melulu membutuhkan hadits.. apalagi bapak bilang masih belajar islam ya.. sama saya juga hehe.. anggap aja ini suatu nasihat ya pak utk terus belajar lebih dalam, memperdalam iman, dan khususnya mengingat kematian yg akan datang kapan saja..

    utk hadits-hadits ttg kematian, bapak boleh searching di google, dan menanyakannya kpd yg mengerti dalam perihal agama seperti mendatangi habaib atau ahli agama.. mohon maaf atas kata-kata yg kurang sopan. Semoga Allah nerahmati kita , Aamiin Allahumma Aamiin bii qobul..

  2. beberapa hari sebelum papa meninggal,
    dibilang ada tamu datang ke rumah. padahal orang rumah tidak melihat adanya orang yang berkunjung k rumah.
    guling yang biasa di sebelah papa dilihatnya sebagai makanan yang enak dan berlimpah ruah. mama pun menangis dan meminta kepada papa agar memaafkan dirinya dan anak-anaknya.

    beberapa menit sebelum papa meninggal.
    saya mendengar suara dengkuran yang keras di kamar papa. saya pun refleks bilang, papa tumben tidurnya ngorok. tidurnya nyenyak sekali…..

    kita pun lanjut nonton dan mama ke kamar… terdengar hal membuatku bingung,,, saya dan paman ke tetangga memberi kabar. ditanya sama tetangga, saya pun menjawab, papa gak bisa bernafas.. saya bingung kenapa bilang seperti itu, padahal gak ada yang ngasi tau.

    tak disangka dan tidak mau ini terjadi, tapi terjadi, papa ternyata tidur untuk selama-lamanya dengan rohnya yang sudah meninggalkan tubuhnya..

    kejadian aneh sebelum papa meninggal diceritakan mama ketika guru saya datang ke rumah dan mereka bicara di kamar ketika tidak sengaja saya terbangun tapi pura-pura tidur dan mendengarkan percakapan mama.

  3. Satu hari lalu ayah saya meninggal dunia,3 agustus 2018 pukul 4.45 WIB subuh.saya sebagai anak tidak menyadari,ayah saya sakit selama ini,tapi 3 hari menjelang alm. Ayah Meninggal,alm. Ayah tidak begitu berselera makan,2 hari di rawat tidak bisa juga makan,dan dari situ saya tau,ayah saya memang ingin kami tidak kesulitan saat memandikannya,ayah saya ingin dimandikan dan berusaha meminimalisir najis.ayah saya meninggal di hari jum’at,selama sakit tidak pernah mengeluh.saya berdoa semoga alm. Ayah khusnul khotimah🙏🏻Di lapangkan kuburnya dan di bebaskan dari api neraka dan siksaan-Nya🙏🏻Untuk Alm. Ayah, H.Basuni Sila,hani sayang abah❤️Sekeluarga sayang abah❤️Semoga abah tenang dan di lapangkan kuburnya❤️I love you abah❤️

  4. Mau cerita sedikit, barusan dpt kabar temannya teman sy meninggal krn kecelakaan bis wkt acara makrab atau malam keakraban. 7 hri sbelum meninggal dia memang bertingkah aneh dgn wajah yg pucat. Wkt kuliah dia mau presentasi sm kelompokny tp gk jd presentasi, dia ngotot pengen presentasi dan dia bilang pengen presentasi krn minggu depan gk bsa presentasi. Hari berikutnya dia pengen pulang kampung krn dia kuliah d luar kota dia bilang dia pengen plg kngen kluarga, klo nurutin tugas gak bakal bsa plg. Daann seminggu setelahnya tepat hari sabtu tgl 7 oktober 2018 dia meninggal dlm kecelakaan :”) ternyata memang benar tanda” yg d sebutkan, semoga kita bsa mempersiapkan segala amal ibadah kelak di akhirat nanti :”) amiiin

  5. Gan saya mau nnya, kaki saya terasa merinding ,melemah ,kepala saya pusing, tangan saya lemah, saya keringat dingin karna ketakutan setelah membaca itu, apakah itu tanda” nya?

  6. Adikku meninggal dengan ucapan laa illa ha illaullah… rindu sekali denganmu de…. semoga kita berkumpul disurga nanti yaaaa de….

Beri Tanggapan