Tanda-Tanda Akhir Zaman Menurut Islam

AKHIR ZAMAN – Manusia telah hidup di dunia selama ribuan tahun. Perubahan zaman sudah terjadi berkali-kali dan masih akan terjadi.

Namun tak ada yang abadi di dunia kecuali sang Pencipta. Kelak seluruh manusia di akan mati, bumi akan hancur dan alam semesta serta seisinya akan lenyap. Itulah yang terjadi saat hari kiamat nantinya.

Akhir Zaman Menurut Islam

akhir zaman menurut islam
abuibrahim.blogspot.com

Kiamat pasti akan terjadi, walaupun tidak ada manusia yang tahu pasti kapan terjadinya. Meski begitu, sebagai muslim yang taat kita harus mengimani adanya hari kiamat.

Kita diharuskan untuk berusaha sebaik mungkin untuk memperbanyak kebajikan semasa kita hidup, sebagai bekal di kehidupan abadi nantinya.

Sebelum kiamat terjadi, ada satu fase yang harus dilalui, yaitu akhir zaman.

Tanda-Tanda Akhir Zaman Menurut Islam

kiamat sudah dekat
catatanakhirzaman.com

Kapan terjadinya fase akhir zaman?

Pertanyaan tersebut dapat kita cari tahu jawabannya, karena dalam Islam sudah diterangkan tanda-tanda akhir zaman secara lengkap.

Berikut tanda-tanda akhir zaman menurut Islam

1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang menandakan bahwa manusia di masa sekarang merupakan kaum yang berada di akhir zaman.

Rasullullah SAW bersabda, “(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) Kiamat seperti dua (jari) ini’.”(Anas Radhiyallahu ‘Anhu) berkata, “Dan beliau SAW merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR. Muslim).

2. Wafatnya Rasulullah SAW

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari,

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat dan beliau SAW menyebutkan diantaranya: ‘Kematianku’.” (HR. Al Bukhari).

3. Hilangnya Amanat

Tanda akhir zaman menurut Islam selanjutnya adlah hilangnya amanat pada suatu kaum. Hal ini sesuai dengan sebuah hadits yang diriwayatkan Al Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.” (Abu Hurairah ra) bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?” Rasulullah SAW menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah Kiamat!”. (HR. Al Bukhari)

4. Wafatnya Ulama-Ulama Berilmu

Pada akhir zaman, Allah akan mewafatkan para ulama yang berilmu. Sehingga fenomena kebodohan merajalela di muka bumi.

“Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu langsung dari para hamba, tetapi mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadi orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka seat lagi menyesatkan orang lain.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

5. Perzinaan Menjadi Hal yang Biasa

Dari Anas bin Malik, beliu berkata pada Qotadah, “Sungguh aku akan memberitahukan pada kalian suatu hadits yang tidak pernah kalian dengar dari orang-orang setelahku. Kemudian Beliau mengatakan,

“Di antara tanda-tanda hari kiamat adalah: sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, merajalelanya perzinaan, wanita akan lebih banyak dari pria, sampai-sampai salah seorang pria bisa mengurus (menikahi) 50 wanita (karena kejahilan orang itu terhadap ilmu agama).”[1]

Kerusakan seperti ini sudah banyak kita temui di masa sekarang.

6. Berlomba-lomba dalam Meninggikan Gedung

Manusia akan berlomba-lomba membangun gedung-gedung tinggi. Semakin tinggi gedung yang dibangun semakin bangga pula mereka.

Hal ini terjadi karena kenikmatan dunia dicurahkan kepada kaum muslimin. Sehingga harta mereka melimpah ruah.

Kejadian ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits,

“Dan bahwa engkau (akan) menyaksikan orang yang bertelanjang kaki dan badan, lagi miskin yang mengembala domba, berlomba-lomba meninggikan bangunan.” (HR Muslim)

7. Pembunuhan Kian Marak

Saat akhir zaman, tragedi pembunuhan banyak terjadi. Nyawa manusia seperti tak ada harganya lagi.

“Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak Al harj.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah Al harj itu?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

8. Meningkatnya Kemusyrikan

Salah satu tanda akhir jaman menurut Islam adalah menjamurnya fenomena kemusyrikan yaitu orang yang menyekutukan Allah SWT.

“Jika pada umatku pedang telah diletakkan, maka ia tidak akan pernah diangkat darinya sampai hari Kiamat, dan tidak akan terjadi hari Kiamat hingga beberapa kabilah dari umatku mengikuti kaum musyrikin, dan beberapa kabilah dari umatku menyembah berhala.”

9. Budak Wanita Melahirkan Tuannya

“Aku kabarkan kepadamu tentang tanda-tandanya, (yaitu) jika seorang budak wanita melahirkan tuannya.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Ada pendapat yang menyatakan bahwa makan dari tanda akhir zaman ini adalah sebuah kiasan. Anak-anak tak lagi memiliki bakti pada orangtuanya. Sang anak tak lagi hormat dan memuliakan ibunda mereka.

Bahkan mereka memperlakukan ibunya seperti pembantu yang diperintah dan disuruh-disuruh untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Padahal seharusnya anak menaati, memuliakan dan menghormati orangtua mereka. Karena berapapun kebaikan yang dibuat anak tak akan sanggup menggantinkan kasih sayang orangtua, apalagi jika si anak tak menghargai orangtuanya.

10. Fenomena Alam Api Hijaz

Api Hijaz telah muncul pada pertengahan abad ke 7, yakin pada tahun 654 H. Fenomena alam ini merupakan pertanda akhir zaman.

“Aku kabarkan kepadamu tentang tanda-tandanya, (yaitu) jika seorang budak wanita melahirkan tuannya.” (Muttafaqun ‘Alaihi)

11. Menjamurnya Praktek Riba

Riba merupakan dosa besar, dimana dosa ini dilakukan untuk mengambil keuntungan dari harta yang dipinjamkan.
Praktek ini sudah marak kita temui seperti yang dilakukan kebanyakan bank-bank yang ada.

Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh” (HR Bukhari)

Kita Berada di Akhir Zaman

tanda tanda akhir zaman
liputan6.com

Melihat beberapa tanda akhir zaman menurut Islam, dapat disimpulkan bahwa kita tengah berada di akhir zaman. Zaman dimana manusia menuhankan hawa nafsunya.

Sudahkah cukup bekal kita untuk menghadapi kiamat yang semakin mendekat?

Beri Tanggapan