cantik menurut islam

Cewek Cantik Menurut Islam, Seperti Apa sih? Berikut Ciri-ciri Lengkapnya

Cewek cantik menurut islam-  Oke, pada kesempatan kali ini akan coba saya paparkan penjelasan tentang seperti apa sih cewe cantik menurut pandangan islamm itu.

Cewe adalah kata lain dari perempuan.  Kodratnya, semua perempuan itu cantik, jika dibandingkan dengan pria. Hehe. Tapi, agama islam memiliki pandangan lain terhadap kriteria yang dimaksud dengan cewe cantik itu. Agama islam adalah agama yang terhormat lagi mulia, dalam ajarannya agama islam sangat mengatur segala macam aspek kehidupan termasuk mengatur tentang akhlak dan kepribadian.

Di zaman jahiliyah dulu tentu Kita pernah mendengar cerita-cerita yang diterangkan oleh para ustadz dan kiyai tentang kehidupan sebelum tanah arab  tersentuh oleh hangatnya agama islam.

Pada masa itu, masa jahiliyah ketidak adilan meraja lela terutama bagi kaum perempuan. Mempunyai anak perempuan merupakan sebuah aib bagi keluarga tak jarang pada masa itu anak perempuan  yang terlahir akan segera  dikubur hidup hidup oleh orang tuanya.

Itualah sedikit cerita tentang kisah perempuan dimasa-masa jahiliyah sebelum adanya agama islam yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, setelah agama islam tersebar tiada lagi beda antara perempuan dan laki laki, semua sama yang membedakan adalah kadar ketakwaannya kepada Allah Ta’ala.

Setelah harkat derajat perempuan diangkat dengan adanya islam. Kini, yang menjadi pembeda antar  perempuan satu dengan yang lain bukan personal cantik atau enggaknya. Yang palin utama kadar kecantikan wanita menurut pandangan islam adalah yang paling utama  adalah soal akhlak.

Selain itu beberapa kriteria islam dalam menilai kecantikan wanita dapat dilihat dari poin poin dibawah ini. Mari Kita coba tela’ahi bersama sama.

1. Cewek Cantik itu yang Beriman

cantik menurut islam
masazzam.blogspot.com

Iman adalah tolak ukur utama yang menjadikan cantik nggaknya seorang wanita.  Jika Kamu lelaki dan s sedang mencari wanita untuk dijadikan istri, maka lihatlah terlebih dahulu keimananya. Apakah keimanannya itu sama denganmu atau dia berbeda keyakinan atau beda agama. Hal ini penting karena dengan iman kehidupanmu  akan selamat.

Jangan sampai tergoda akan wajah cantik seorang wanita, kemudian dengan mudahnya Kamu menggadaikan iman Kamu. Dia (wanita) yang taat kepada tuhannya tentu merupakan cewek cantik , yang tidak hanya wajah tapi hatinya  juga.

Cewek cantik itu yang imannya tebal, bukan make upnya tebal

Sebagaimana dalam haditsnya tentang kriteria memilih wanita:

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

2. Cewek Cantik itu yang Senantiasa Menjaga Sholatnya

wanita muslimah
reportasekini.net

Ya, solat adalah tiang utama. Apabila cantik solatnya maka akan cantik juga paras dan kepribadiannya. Sebagai seorang manusia, merupakan sebuah kewajiban untuk senantiasa manjaga sholat lima waktu dalam sehari semalam.

Cewek cantik itu bukanlah yang saban hari pergi ke shalon, melainkan yang sangat rajin (tepat waktu) dalam hal pergi menunaikan shalat lima waktu.

“Sholat Adalah Tiang Agama, barangsiapa yang menegakkannya, maka ia telah menegakkan agamanya dan barangsiapa yang merobohkannya, berarti ia telah merobohkan agamanya”

3. Cewe Cantik Itu yang Senantiasa Berhijab

sukmahadisulbar.blogspot.com

Ini dia kriteria cewe cantik dalam agama islam yang dapat dilihat secara kasat mata. Ya, cewek cantik itu yang berhijab, dengan berhijab ia telah menjaga pandangan orang lain khususnya laki-laki dari aurat yang memang tidak diperbolehkan untuk dilihat dari seorang wanita.

Wanita adalah makhluk yang suci, kesuciannya dijaga dengan ia menjaga auratnya dengan hijab. Memang pada zaman sekarang hijab tidak bisa dijadikan patokan bagus tidaknnya akhlak seorang wanita, sehingga ada sebagian wanita yang menganggap dia belum sanggup untuk menutupi tubuhnya dengan hijab maka dari itu dia memutuskan untuk “menghijabi” hatinya terlebih dahulu kemudian personal tubuh belakangan.

Tentu itu adalah persepsi yang sangat menyimpang. Hijab itu merupakan kewajiban bagi  wanita yang telah Allah perintahkan.

“Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah”. [HR Muslim].

Dan lagi, dalam hal mamakai hijab tidaklah sembarang hijab bisa dipakai. Terdapat syarat syarat tertentu dalam mengartikan hijab bagi perempuan yang diantara syarat tersebut adalah menutupi setiap lekukan tubuh wanita. Bukankah sekarang banyak yang katanya pakai hijab tapi lekukan tubuh masih tetap terlihat. Nah yang demikian itu bukanlah kriteria hijab.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnyake seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzâb [33]: 59

Jadi, mau cantik? Ayo, Berhijab !!!

4. Cewek Cantik itu Selalu Menjaga Kehormatannya

ladyaminah.tumblr.com

Ya, cewe yang senantiasa menjaga kehormatan diri juga keluarga adalah cewe cantik. Yang dalam kesehariannya berprilaku anggun tidak melakukan sesuatu yang membuat harkat martabat diri dan keluarga menjadi jelek. Tidak sedikit di zaman sekarang ini banyak cewek cewek yang tidak lagi mementingkan kehormatan dirinya.

Dia beranggapan bahwa dirinya merupakan cewek bebas yang dapat berlaku apa aja, sesuka hati dengan sebebas bebasnya yang penting dapat bahagia.

Taat kepada orang tua, kepada suami, saling mengasih antar sesama, mengajak kepada kebaikan , tidak menyakiti perasaan orang lain dengan senantiasa bertutur kata yang baik.

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmudan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al Ahzâb [33]: 33)

Sekian, pembahasan tentang kriteria cewek cantik menurut pandangan islam. Jadi intinya, cewek cantik itu bukan yang berbody mulus dan bermake up tebal melainkan dia yang beriman dengan mentaati perintahnya dan menjauhi semua larangannya.

 

Beri Tanggapan