Gambaran Neraka Jahanam Menurut Islam

Gambaran neraka Jahanam menurut Islam – Seperti yang sering kita dengar dan ketahui, neraka secara bahasa disebut dengan sebutan naar yang bermakna api yang menyala-nyala. Secara istilah, naar atau neraka diartikan sebagai tempat balasan bagi orang-orang yang berbuat kesalahan atau dosa semasa di dunia.

Sebagai mana syurga yang memiliki tingkatan, neraka juga demikian. Nantinya, hukuman yang akan diterima para penghuni neraka akan bertingkat-tingkat yang mana satu tingkat hukumannya lebih pedih daripada tingkat yang lain.

Gambaran Nerakan Jahanam Menurut Islam

gambaran neraka menurut islam
http://bangka.tribunnews.com

Kata “Jahanam” yang berasal dari bahasa arab ini bermakna neraka tempat penyiksaan yang memiliki tujuh pintu dan setiap pintu (tingkat), telah ditetapkan untuk golongan tertentu dari para makhluk-Nya. Adapun gerbang jahannam dijaga oleh malaikat yang bernama  Malik dan Zabaniyah.

Tempat ini merupakan neraka yang penuh dengan berbagai macam siksa. Maka celakalah, orang akhirnya masuk ke dalamnya. Semoga kita selalu dihindarkan dari siksa jahanam.

Sebagaimana dalam Firman Allah SWT, “Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat”. (QS. Ghafir: 46)

Terdapat banyak sekali azab yang akan diberikan kepada para penghuni jahanam. Azab tersebut ditimpakan kepada merek golongan manusia yang tidak mematuhi perintah Allah SWT. Berikut beberapa gambaran neraka jahannam menurut islam sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan As-sunnah:

1. Azab yang Paling Ringan di Neraka Jahannam

gambaran neraka menurut islam
satriabajahitam.com

Sebagaimana Nu’man Bin Basyir ra menjelaskan bahwa : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya seringan-ringan siksaan siksaan penghuni Neraka pada hari Qiamat ialah seseorang yang diletakkan di bawah dua telapak kakinya dua bara api neraka sehingga mendidih otak yang ada di kepalanya. (dari sebab panasnya kedua bara api neraka tersebut) Dia mengira bahwa tidak ada orang lain yang lebih dashyat siksaan daripadanya, padahal dialah orang yang paling ringan siksaannya”. Diambil dari Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim.

Selain itu, Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri yang mana beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa, pada saat menyebut-nyebut paman beliau, Abu Thalib, “Mungkin syafaatku akan menolongnya pada hari kiamat, sehingga ia dapat ditempatkan di bagian neraka yang dangkal, dimana api neraka akan menjalar sampai ke pergelangan kakinya yang menyebabkan otaknya mendidih”.

2. Azab Bagi Para Peminum Khamar

gambaran neraka jahanam
sahabatislami.com

Gambaran neraka jahanam  menurut islam selanjutnya ialah terdapar sungai-sungai ghuthah. Sungai ghuthah ialah sungai yang air alirannnya berasal dari kemaluan para pelacur, air tersebut  memiliki bau yang sangat menyengat. Sungai tersebut disiapkan sebagai Azab bagi para peminum khamar semasa di dunia.

3. Azab Bagi Para Wanita yang Tidak Mau Menyusui Anaknya

gambaran neraka dalam islam
bisakali.net

Gambaran neraka jahanam menurut islam selanjutnya ialah  dipenuhi dengan binatang liar nan ganas seperti ular berbisa. Para binatang liar dan ganas tersebut disiapkan bagi para wanita yang enggan menyusui anaknya semasa di dunia. Nantinya puting susu mereka akan digigit ular ular liar tersebut yang mana dalam satu gigitan ular di neraka bisa menyebabkan panas demam selama 40 musim lamanya.

Sebagaimana rasulullah bersabda bahwa “Jika ular di neraka menyengat satu gigitan, akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim. Demikian juga kala jengking di neraka, apabila menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim”. HR. Al-Baihaqi

5. Azab Bagi Orang yang Berbuka di Bulan Ramadhan Sebelum Tiba Waktunya Untuk Berbuka

gambaran neraka dalam islam
satriabajahitam,.com

Berdasarkan sabda nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah yang mana azab bagi orang yang berbuka di bulan puasa sebelum waktunya adalah mereka digantung dalam posisi kaki mereka di atas dan mulutnya robek-robek sehingga darah mengalir begitu deras dari mulutnya. Sungguh mengerikan sekali.

6. Azab Bagi Orang Kafir

gambaran neraka menurut islam
satriabajahitam.com

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya, tebal kulit seorang kafir (di neraka) adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang besar. Giginya sebesar gunung Uhud, dan sungguh tempat duduknya dia di Jahannam seluas Makkah dan Madinah”. HR. At-Tirmidzi dan Al-Hakim

Selain itu Ibn ‘Abbas berkata: “Hukuman bagi orang-orang yang ekstrim dalam kekafirannya dan suka berbuat bencana di muka bumi, dan mengajak orang lain kepada kekafiran, tidak akan sama dengan hukuman atas orang-orang kafir yang tidak melakukan hal-hal yang demikian itu”.

Didalam Al-Quran, Allah SWT juga berfirman dalam Surat An-Nisa ayat ke 56 yang berbunyi: “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

7. Azab Bagi Orang yang Mati Bunuh Diri

gambaran neraka dalam islam
katariau.com

Azab bagi pezina laki-laki dan perempuan di neraka menurut sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah adalah mereka mempunyai tubuh yang besar dan buruk untuk dipandang, kemudian keluarlah bau busuk dari tubuhnya yang baunya seperti tempat pembuangan kotoran.

8. Orang yang Paling Mengerikan Azabnya

Menurut sabda nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmmad, orang yang paling mengerikan azabnya pada hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar makhluk yang bernyawa. Selain itu orang yang membuat berhala juga mendapatkan azab atau siksaan yang paling mengerikan.

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW berkata:

“Orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat adalah orang-orang yang menggambar (makhluk bernyawa)”. [HR. Ahmad]

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga, Rasulullah SAW berkata, “Sesungguhnya orang yang paling dahsyat siksanya pada hari kiamat adalah seseorang yang membunuh nabi atau dibunuh oleh nabi, dan seseorang yang membuat berhala”. [HR. Ahmad]

Dari Khalid bin Walid Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW berkata, “Manusia yang paling dahsyat siksanya adalah orang yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia” [HR. Ahmad]

“Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya, melainkan hartanya kelak akan diperlihatkan di hadapannya dalam wujud seekor ular botak. Ular itu mempunyai dua titik hitam di atas matanya. Dia mematuk pangkal dagu orang itu seraya ia berkata, “Akulah hartamu, akulah simpananmu”. [HR. Al-Bukhari]

Dalam riwayat lain diceritakan, “Orang itu lari menghindarinya, tapi ular itu mengejarnya. Lalu dia berlindung darinya, tapi ular itu mematuk tangannya dan melilitnya”.

Leave a Comment