Usaha Mencari Jodoh Dalam Islam

Pertanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam

PERTANDA JODOH SUDAH DEKAT – Di dalam Islam, pernikahan merupakan sebuah ibadah. Bahkan ada hadits yang menyatakan bahwa menikah itu menyempurkan setengah agama.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda,

Siapa yang diberi karunia oleh Allah seorang istri yang solihah, berarti Allah telah menolongnya untuk menyempurnakan setengah agamanya. Karena itu, bertaqwalah kepada Allah setengah sisanya. (HR. Baihaqi 1916).

Pertanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam

Pertanda Jodoh Sudah Dekat Menurut Islam
ummi-online.com

Namun, sebelum menikah kita perlu untuk mencari jodoh. Tidak ada yang tau siapa jodoh kita nantinya selain Allah SWT. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa seseorang merupakan jodoh kita? Simak pertanda jodoh semakin dekat dalam Islam di bawah ini.

1. Bersahaja

Perhatikanlah cara dia berpakaian, berbicara, tertawa serta makan dan minumnya. Carilah yang memilliki penampilan bersahaja dan alami, maka itu tanda dia adalah jodoh terbaik untuk kita. Jika tidak, mungkin saja dia bukan jodoh kita.

2. Senang Bersama

Meskipun kita sering bersamanya, tidak muncul sedikit pun perasaan bosan dalam diri kita. Semakin hari semakin muncul rasa sayang kepadanya. Apabila bersamanya kita selalu gembira, tenang dan dia dapat menjadi obat kedukaan yang kita alami. Begitu pun dengan dia yang juga merasakan perasaan yang sama dengan kita. Jika berjauhan maka seperti ada tekanan dan ingin berjumpa dengannya.

3. Segala Sesuatu Menjadi Lebih Mudah Saat Bersamanya

Pertanda jodoh sudah dekat menurut Islam yang ketiga adalah segala urusan yang kita miliki terasa lebih mudah dijalani saat bersamanya. Seperti ada yang membantu saat akan melamar si dia. Lalu saat ingin menikah tapi tidak punya modal, rejeki datang dari arah yang tidak terduga. Segala urusan kita selalu dimudahkan oleh Allah SWT.

4. Menerima Kita Apa Adanya

Memang benar apabila jodoh terbaik adalah yang bisa menerima kita apa adanya. Dia tidak terlalu mempedulikan kekurangan atau masa lalu yang ada pada diri kita. Dia melihat kita seperti yang sekarang ini. Antara kita dan pasangan kita saling terbuka.

5. Senantiasa Jujur

Jujur merupakan perkataan atau kabar yang sesuai dengan kenyataan. Dalam Islam sendiri, kejujuran merupakan salah satu sifat yang wajib ada pada setiap muslim. Kejujuran merupakan hal yang tidak boleh dipermainkan. Apabila kejujuran ada di dalam hatinya maka kebahagiaan akan menjadi milik kita.

6. Saling Percaya

Sifat saling mempercayai satu sama lain akan muncul bagi mereka yang berjodoh. Mereka akan lebih memilih untuk membagi rahasianya kepada kekasihnya daripada ke teman-temannya. Kejujuran dan kepercayaan merupakan bukti dari cinta sejati.

7. Senang Diajak Bekerja Sama

Untuk mendapatkan hubungan yang harmonis dalam waktu yang lama, maka perlu adanya kerjasama antara kita dan pasangan kita. Ini sangat penting karena kedepannya kita akan menanggung beban yang lebih berat saat sudah menikah dengannnya.

8. Memahami Diri Kita

Sebaik-baik pasangan adalah selain menerima segala kekurangan kita juga memahami apa-apa saja yang kita butuhkan. Apa yang kita sukai dan tidak sukai dan lain-lainnya. Selain itu, dia juga bersedia untuk mengahadapi pasang surut dalam perjalanan percintaan nanti. Apabila dia siap bersama kita baik itu saat suka maupun duku, saat senang maupun susah maka itu tanda bahwa dia adalah calon terbaik untuk kita.

9. Keluarga Membuka Tangan untuk Menerimanya

Jika dia memilki kepribadian yang baik dan sesuai dengan harapan keluargamu, maka keluarga kita akan senang hati menerimanya dan mungkin dia merupakan calon pasangan hidupmu. Apabilla keluarga kita sudah bisa menerimanya, maka proses kepada pernikahan akan semakin mudah.

10. Membuat Kita Berhenti Mencari

Pertanda jodoh sudah dekat menurut Islam yang terakhir adalah membuat kita berhenti mencari. Meskipun dia tidak sempurna, tapi hidup kita terasa tidak lengkpa tanpanya. Akhirnya kitapun menjadi yakin bahwa dialah orang yang tepat untuk menjadi pasangan hidup kita dan berhenti untuk mencari yang lain.

Di saat kita sudah bertemu jodoh yang ditakdirkan untuk kita, maka kita akan terasa seperti tutup botol yang sudah bertemu dengan jalurnya sehingga bisa menutup sangat rapat.

Usaha Mencari Jodoh Dalam Islam

Usaha Mencari Jodoh Dalam Islam
ummi-online.com

Telah kita ketahui tadi beberapa pertanda jodoh sudah dekat menurut Islam yang mana apabila kita telah menemukan orang dengan ciri-ciri di atas mungkin dialah jodoh kita. Lalu bagaimana usaha dan cara yang perlu kita lakukan agar mendapatkan jodoh tersebut?

1. Memperbanyak Doa

Perbanyaklah doa kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk dalam mencari jodoh yang baik. Berdoalah setelah selesai shalat. Selain itu minta restu juga dari orang tua karena doa kedua orang tua merupakan doa yang cepat didengar oleh Allah SWT.

2. Memperbanyak Amal Shalih

Berberapa amal shalih yang perlu kita lakukan untuk menjemput jodoh secara Islami adalah dengan memperbanyak infaq dan shadaqah di jalan Allah. Dengan amAl amal shalih yang kita lakukan ini, Insya Allah doa-doa kita akan semakin cepat diijabah dan dikabulkan.

3. Minta Dicarikan Jodoh oleh Orang Tua atau Wali

Minta orang tua atau wali untuk mencarikan jodoh merupakan sebuah ikhtiar atau usaha dalam menjemput jodoh. Sampaikan kepada mereka bahwa kriteria jodoh yang kita inginkan adalah yang baik agamanya. Mintalah orang tua atau wali untuk objektif dalam mencarikan pasangan.

4. Mencari Jodoh Melalui Mediator

Selain mencari jodoh melalui orang tua, kita juga bisa mencari jodoh melalui mediator. Mediator yang kita pilih dalam usaha untuk mencari jodoh bisa dari teman baik, sahabat, ustad atau guru mengaji kita.

Mediator yang kita pilih dari orang terdekat kita dapat dipastikan sudah lebih mengetahui karakter dan selera kita daripada orang lain yang sama sekali belum mengenal kita. Dengan begitu, mereka akan mencarikan kita jodoh lewat relasi atau kenalannya.

5. Jangan Putus Asa serta Berbaik Sangka kepada Allah

Jangan sampai kita berputus asa dalam usaha mencari jodoh saat belum dikabulkan dan dipertemukan dengan jodoh yang kita inginkan. Karena apabila berputus asa dalam mencari jodoh, kita akan berhenti untuk memantaskan diri untuk menjadi orang yang baik dan itu sama saja dengan menutup pintu rahmat dari Allah SWT.

Tetap berpikir positif dan berbaik sangka kepada Allah. Ingatlah bahwa disediakan pahala yang besar bagi yang mengikuti jalan Islami dalam mencari jodoh. Berburuk sangka kepada Allah bisa menjadi perkara yang menolah jodoh.

Beri Tanggapan