Perputaran Hidup Gajah

Gajah adalah makhluk sosial dan tinggal di komunitas hierarkis yang maju. Setiap kawanan memiliki satu feminin yang merupakan matriark. Dia menentukan tempat kawanan itu pergi dan membantu menunjukkan perilaku yang benar pada gajah muda. Gajah feminin, atau sapi, tinggal dalam tim rumah tangga multigenerasi dengan betina yang berbeda. Laki-laki tetap bersama keluarga sampai mereka mencapai usia 12 hingga 15 tahun, setelah mereka meninggalkan kawanan dan tinggal sendirian atau menjadi bagian dari sapi jantan yang berbeda. Gajah jantan dan betina berdiam satu persatu dengan sapi jantan hanya berkunjung ketika beberapa betina berada pada musim kawin mereka, umumnya dikenal sebagai estrus.

Dilansir dari situs Awal Biru, gajah dewasa lebih tua dari banyak binatang yang berbeda. Betina mencapai kematangan seksual pada usia 10 hingga 12 tahun, jantan di babak 25. Seorang jantan biasanya tidak mulai berkembang biak hingga usia 30, ketika telah mencapai berat dan dimensi yang memadai untuk bersaing dengan jantan pejantan yang berbeda. Pada saat itu, ia harus mulai mencari betina di estrus.

Musim Pembiakan Gajah

Sapi jantan memasuki negara yang disebut musth setiap tahun, dan sapi jantan yang lebih tua memiliki kecenderungan untuk tetap dalam musth lebih lama dari sapi jantan muda, sebanyak enam bulan. Sepanjang era ini, mereka telah meningkatkan kisaran testosteron. Mereka mengeluarkan cairan dari kelenjar temporal mereka antara perhatian dan telinga dan dapat secara aktif mencari pasangan. Laki-laki yang dominan, yang lebih tua, memiliki kecenderungan untuk kembali ke musth ketika banyak perempuan di estrus, dan laki-laki menunjukkan perilaku tubuh, mengingatkan mengepakkan telinga mereka dan menggosok kepala mereka pada kayu dan semak-semak untuk membubarkan aroma musth. Selain itu, mereka memiliki gemuruh yang dipilih, nama vokal frekuensi rendah, yang digunakan untuk menggambar wanita yang juga bisa kawin. Wanita biasanya membalas dengan nama mereka sendiri, menunjukkan keingintahuan. Sedangkan seekor sapi dapat kawin dengan laki-laki mana pun, ini dalam musth juga bisa lebih menarik bagi perempuan di estrus.

Ketika seorang laki-laki mendekat, seorang feminin dalam estrus pada awalnya dapat memberikan rasa waspada, tetapi ketika dia, dia akan kemudian meninggalkan kelompok rumah tangga, berjalan bersama-sama dengan kepalanya ke atas dan berbalik ke samping untuk melihat laki-laki saat dia mengikuti di belakang. Laki-laki bisa mengejar perempuan jika dia mundur dan bisa mengejar laki-laki lain. Gajah dapat saling membelai dengan batangnya lebih awal dari pada jantan yang menunggang feminin dari belakang, berdiri secara vertikal saat mereka kawin. Hubungan seksual gajah berlangsung selama dua menit dan sesudahnya, dia akan tetap dekat dengan wanita dan menjaganya dari jantan yang berbeda. Betina bisa kawin dengan sepasang banteng di setiap siklus estrus, yang berlangsung hingga 18 minggu. Sedangkan gajah tidak kawin setiap saat, seorang wanita dapat berulang kali memilih untuk kawin dengan sapi yang sama, dan sapi jantan biasanya terlihat melindungi betina.

Hamil terpanjang di Bumi

Pada usia 22 bulan, gajah memiliki keunggulan untuk mendapatkan interval kehamilan terpanjang dari semua hewan dan memberikan permulaan untuk hidup lebih muda. Menjadi hamil hampir setiap saat mengarah ke satu permulaan; kembar jarang terjadi. Ketika tiba saatnya untuk memberi permulaan, gajah-gajah feminin pindah dari kawanannya dan setelah itu kembali untuk memperkenalkan anggota baru, yang diinspeksi oleh satu sama lain anggota rumah tangga. Pada awalnya, bayi memiliki berat badan 90-120 kg (198 hingga 265 kg) dan biasanya bulat setinggi 3 kaki. Gajah anak-anak biasanya lebat, dengan ekor panjang dan batang pendek yang tumbuh sebagai modifikasi rejimen makannya. Keturunan disapih pada dua tahun, meskipun beberapa bisa melanjutkan untuk merawat sampai usia enam setengah. Karena kehamilan yang panjang dan interval menyusui, siklus estrus adalah antara 4 dan 6 tahun ke samping. Secara umum, seekor gajah feminin akan memberikan awal hingga tujuh anak dalam hidupnya.

Keturunannya dirawat oleh ibu dan anggota keluarga perempuan yang berbeda dari keluarga sampai usia delapan tahun, dan perempuan sering merawat lebih muda selain dari mereka sendiri. Saat terancam oleh predator, gajah dewasa akan mengetik cincin pelindung di gajah yang lebih muda. Betina tetap berada dalam kelompok rumah tangga sedangkan jantan pada akhirnya didorong menjauh.

Salin dan siklus hidup

Gajah tinggal dalam tim rumah tangga kecil yang dipimpin oleh betina yang sudah ketinggalan zaman (sapi). Tempat makan berlimpah, tim menjadi bagian dari kolektif. Sebagian besar jantan (sapi jantan) tinggal di kawanan bujangan selain sapi. Wanita dan pria masing-masing memiliki dua kelenjar yang terbuka di antara perhatian dan telinga. Gajah dari segala usia dan jenis kelamin mengeluarkan cairan yang disebut sebagai temporin dari lubang ini. Laki-laki, meskipun demikian, memasuki “interval musth,” di mana mereka mengeluarkan cairan yang berbeda dalam viskositas dari cairan yang dikeluarkan ketika mereka tidak dalam musth. Testosteron serum di seluruh musth lebih besar daripada di gajah nonmusth, dan perilaku hewan itu tidak menentu; mereka tidak terkendali (musth adalah bahasa Hindi untuk “mabuk”), biasanya bahkan oleh penangan mereka sendiri (pawang). Musth adalah waktu untuk membangun hierarki reproduksi, yang mungkin berbeda dari hirarki sosial lama yang sama di {yang a} laki-laki di musth outranks

laki-laki nonmusth. Di alam liar, jantan biasanya berada pada kondisi tubuh prima di sepanjang musth dan biasanya melakukan banyak pengembangbiakan.

Gajah mampu menilai kedudukan reproduksi satu sama lain dengan memanfaatkan indera penciuman mereka. Terkandung dalam tengkorak, gajah memiliki tujuh hingga 9 turbin hidung dengan jaringan halus khusus untuk penciuman. (Orang-orang hanya memiliki tiga turbin; anjing memiliki 5.) Ketika seorang feminin berada dalam estrus, atau ketika seorang laki-laki dalam musth, seekor gajah tampaknya dapat mendeteksi hormon di udara. Segera setelah “dikumpulkan,” pengetahuan itu kemudian diserahkan ke organ Jacobson, yang terletak di atap mulut. Organ ini menyampaikan molekul ke pikiran untuk dievaluasi. Hormon juga dihirup langsung dari urin dan feses.

Kehamilan adalah yang terlama dari mamalia (18-22 bulan). Gajah anak baru tingginya beberapa meter (3.Three ft) dan beratnya sekitar 100 kg (220 kilo). Menyusui dengan memanfaatkan mulut, bukan belalai, pada kelenjar susu yang terletak di dalam area dada. Menyapih adalah program yang berlarut-larut dan biasanya berlanjut sampai ibu sekarang tidak bisa mentolerir colek gading anaknya yang sedang naik daun. Setelah menyapih, banyak jam setiap hari dihabiskan untuk dikonsumsi.

Gajah mencapai kematangan seksual di awal dekade kedua kehidupannya. Gajah Afrika berkembang menjadi dewasa secara seksual pada usia 10-12, sedangkan gajah Asia berkembang menjadi dewasa secara seksual pada usia 14 tahun. Selama interval tersebut jantan meninggalkan kawanan natal mereka (kawanan asal) untuk tinggal baik secara sendiri-sendiri atau dalam kelompok kecil dengan pejantan berbeda. Betina, dalam perbedaan, tinggal bersama kawanan natal mereka selama hidupnya. Terlepas dari tinggal di samping, gajah betina dan jantan dewasa jenis perkawinan pendek atau asosiasi makan satu sama lain.

Gajah dapat hidup hingga usia 80 tahun atau lebih di penangkaran namun hanya tinggal sekitar 60 di alam liar. Bukti tidak membuktikan keberadaan apa yang disebut “kuburan gajah,” tempat gajah seharusnya mengumpulkan untuk mati.

Bagaimana Gajah Tidur?

Gajah adalah mamalia darat terbesar, namun mereka masih bisa tidur sampai tidur. Spesies gajah mewujudkan gajah semak Afrika (Loxodonta africana) dan gajah Asia (Elephas maximus), masing-masing tidur di sisinya untuk jangka waktu lama atau tidur siang kucing sambil berdiri, bersandar pada pohon untuk bantuan. Gajah yang ditangkap bisa memiliki pola tidur yang sangat berbeda dari gajah yang hidup di alam liar.

Giants Tidur

Gajah tidur berurutan sepanjang malam. Di penangkaran, gajah tidur 3,1 hingga 6,9 jam pada malam hari, menurunkan daya tahan selama satu hingga 4,5 jam pada satu waktu dan mendapatkan sebanyak makanan di antara tidur siang. Penelitian gajah liar menunjukkan tambahan mereka berbaring sampai tidur di malam hari, selama 0,67 hingga 2 jam pada suatu waktu. Gajah liar dapat tidur sepanjang siang hari. Gajah-gajah semak Afrika banteng telah diketahui tidur siang sekitar 40 menit antara pukul delapan pagi dan tiga sore, sesuai dengan André Ganswindt dan Stefanie Münscher dari College of Pretoria, Afrika Selatan, dalam artikel untuk Taman Nasional Afrika Selatan.

Mempengaruhi Manusia

Tinggal berdekatan dengan manusia menyebabkan gajah memvariasikan kebiasaan tidur mereka. Gajah adalah hewan diurnal alami, yang menunjukkan bahwa mereka tidur di malam hari dan terjaga sepanjang hari, namun gajah Afrika liar dapat berkembang menjadi malam hari ketika berada dekat dengan desa dan lahan pertanian. Ini bisa jadi akibat latihan manusia menurun sepanjang malam hari.

Beri Tanggapan