gambaran dajjal menurut islam

Gambaran Dajjal Menurut Islam Berdasar Quran dan Hadits

Gambaran Dajjal Menurut Islam-Kalian semua penasaran dengan apa sebenarnya dajjal itu? Mahluk yang bernama Dajjal merupakan sosok yang sangat penting pada alur masa kehidupan manusia di  akhir zaman. Yang mana sebagaimana dijelaskan oleh baginda nabi muhammad SAW, ia merupakan salah satu diantara tanda besar menjelang hari kiamat kelak. Siapa sebenarnya dajjal itu? berikut pemaparannya!

Biografi Mengenai Dajjal

Dajjal ialah makhluk Allah yang sama seperti kita manusia, yang ia juga merupakan keturunan  dari Nabi Adam as. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang satu ini:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ صَحِبْتُ ابْنَ صَائِدٍ إِلَى مَكَّةَ فَقَالَ لِي أَمَا قَدْ لَقِيتُ مِنْ النَّاسِ يَزْعُمُونَ أَنِّي الدَّجَّالُ أَلَسْتَ سَمِعْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّهُ لَا يُولَدُ لَهُ قَالَ قُلْتُ بَلَى قَالَ فَقَدْ وُلِدَ لِي أَوَلَيْسَ سَمِعْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَدْخُلُ الْمَدِينَةَ وَلَا مَكَّةَ قُلْتُ بَلَى قَالَ فَقَدْ وُلِدْتُ بِالْمَدِينَةِ وَهَذَا أَنَا أُرِيدُ مَكَّةَ قَالَ ثُمَّ قَالَ لِي فِي آخِرِ قَوْلِهِ أَمَا وَاللَّهِ إِنِّي لَأَعْلَمُ مَوْلِدَهُ وَمَكَانَهُ وَأَيْنَ هُوَ قَالَ فَلَبَسَنِي

Berasal dari Abu Said Al Khudri RA, ia berkata: Aku menemani Ibnu Shaid pergi ke Mekah, ia berkata kepadaku: Aku telah bertemu dengan beberapa orang yang menganggap bahwa aku adalah seorang Dajjal. Apakah kamu pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Dajjal itu tidak mempunyai anak. Aku jawab: Ya! Ia berkata lagi: Dan aku telah mempunyai anak. Bukankah kamu telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Dajjal itu tidak akan memasuki Madinah dan Mekah. Aku menjawab: Ya! Ia berkata lagi: Dan aku telah dilahirkan di Madinah dan sekarang aku sedang menuju ke Mekah. Kemudian di akhir pertanyaannya dia berkata kepadaku: Demi Allah, sesungguhnya aku tahu waktu kelahirannya, tempatnya dan di mana dia. Ia berkata: Ia telah mengaburkanku tentang perkara itu. (HR Muslim) Dalam hadits lain, Rasulullah menerangkan mengenai Dajjal ini yang artinya: “Sesungguhnya Al Masih Ad-Dajjal seorang laki-laki pendek…” Sebagaimana di cantumkan di HR. Ahmad 23144, Abu Dawud 4320.

Ciri-Ciri Fisik dan Gambaran Dajjal Menurut Islam

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnnya, yang mana gambaran Dajjal menurut islam secara umum ialah kurang lebih sama seperti layaknya manusia biasa yang sama seperti kita. Dajjal memiliki rambut, mata, wajah, tangan, badan seperti layaknya manusia biasa. Namun, dalam penggambarannya rasulullah memberikan beberapa pesan mengenai hal ini.  Berikut ini adalah ciri-ciri fisik Dajjal yang dikumpulkan dari beberapa hadits Nabi Muhammad SAW:

1. Dajjal Memiliki Cacat Fisik

gambaran dajjal dalam islam
http://kepoan.com

Salah satu gambaran Dajjal menurut islam ialah ia memiliki kecacatan fisik yang mana terdapat buta pada mata sebelah kiri. Akan tetapi, bagian mata kanan sebelah kanan berwarna gelap yang mana tidak bersinar digambarkan seperti layaknya buah anggur yang rusak.

Dikarenakan mata sebelah kirinya yang buta dan tidak dapat melihat, didalam beberapa hadits menyebutkan bahwa dajjal memiliki bermata satu. Namun, terdapat pula hadits yang menyebutkan bahwa mata kanan dajjal yang buta atau tidak dapat melihat.

Sebagai mana baginda Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah Ta’ala tidak buta. Ketahuilah bahwa Al-Masih Al-Dajjal itu buta sebelah kanannya, seakan-akan buah anggur yang busuk.”

Adapun beberapa perbedaan mengenai bagian mata yang buta sebelah kanan atau kiri, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Yang terpenting ialah dajjal buta matanya yang sebelah atau bermata satu.

2. Dajjal Berpostur Gemuk

gambaran dajjal
http://jogora.blogspot.co.id

Gambaran dajjal menurut islam yang lainnya ialah ia merupakan laki-laki dengan postur tubuh gemuk dan memiliki warna kulit kemerah-merahan. Sebagaimana dijelaskan pada hadist Rasulullah Saw yaitu, “Sesungguhnya, Dajjal adalah seorang laki-laki yang pendek, pengkor, keriting, matanya buta sebelah, tidak timbul tidak pula berlubang-lubang. Kalau ia membuat kalian ragu-ragu, ketahuilah bahwa Rabb kalian tidak buta.” Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Daud.

Nantinya diyakini, dajjal akan muncul dan mulai beraksi pertama kali di Kota Isfahan, Iran. Pada saat ini, kota ini merupakan kota terbesar yang berada di Iran setelah Mashad dan Teheran. Kota Isfahan terebut  terletak sekitar 340 kilometer dari selatan Teheran.

3. Terdapat Tulisan Kafir di Keningnya

dajjal
http://cmiww.com

Salah satu gambaran dajjal dalam islam yang paling mencolok bagi kaum muslimin ialah terdapat tulisan kafir pada keningnya. Pada dahinya,  terdapat cap atau setempel yang bertuliskan huruf Arab yaitu kaaf, faa, raa, yang kemudian dibaca sebagai kafir.

Sebagaimana  sabda Rasulullah Saw, “…Ketahuilah sesungguhnya dia (Dajjal) buta sebelah. Sedangkan Rabb kalian tidak buta. Dan sesungguhnya di antara kedua matanya tertulis ‘kafir’.” Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari.

Cap atau Tulisan yang terdapat pada kening dajjal tersebut dapat dengan jelas terbaca oleh setiap Muslim, walaupun  sebelumnya ia tidak dapat membaca huruf Arab.

4. Memiliki Kendaraan Berupa Keledai Putih

gambaran dajjal menurut islam
tandapagar.com

Gambaran dajjal dalam islam selanjutnya ialah ia memiliki kendaraan pribadi yaitu keledai yang berwarna putih. Walaupun berupa keledai, hewan tersebut dapat berjalan dengan cepat. Digambarkan dalam Sekali langkah saja bisa sampai satu mil jaraknya, selain itu keledai tersebut dapat terbang di atas daratan dan lautan.

Selain itu, keledai tersebut juga bisa memakan api dan menghembuskan asap pada hidungnya. Dalam alam pikiran manusia modern, ada yang memahami bahwa keledai sebagai pesawat terbang berwarna putih, berbahan bakar (memakan api), dan menghembuskan asap. Wallahu A’lam Bishawab.

5. Dajjal Membawa Air dan Api dikedua Tangannya

gambaran dajjal menurut islam
http://jejak-iblis.blogspot.co.id

Diceritakan bahwa suatu hari pada musim kemarau, Dajjal kemudian akan bertanya, “Apakah kamu menginginkan api atau air?” Jika menjawab air, itu bermakna api yang diberikannya. Jika jawabannya api, ia akan memberi air.

Kemudian seseorang akan diberikan air jika mengakui Dajjal sebagai Tuhan dan bila keluar dari agama Allah. Sebaliknya jika seseorang lebih memilih api dan tetap berada di jalan Allah, maka ia akan dibunuh Dajjal. Namun api tersebut sebenarnya ialah syurga dari Allah SWT.

Baca Juga : Asal Usul Dajjal

Semoga kita selalu diberikan ramhat oleh allah agar terhindar dari fitnah terbesar di dunia. Selalu amalkan doa setelah tahyatul akhir dan juga membaca surah al kahfi setiap sebelum tidur.

 

 

Beri Tanggapan