Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar

Jika Bettas dirawat dengan benar dan diberi tangki yang cukup besar untuk hidup, dengan air bersih, mereka biasanya hidup rata-rata 3 tahun.

Namun, ini tidak berarti bahwa ketika Anda membeli ikan, Anda dapat berharap untuk memilikinya selama 3 tahun. Ikan Betta jantan hanya cenderung dijual di toko hewan peliharaan ketika mereka berusia sekitar 1 tahun.

Ini adalah saat warna dan sirip mereka telah berkembang dengan baik. Betina dijual sedikit lebih cepat, biasanya sekitar 6 bulan.

Wanita cenderung hidup selama beberapa bulan lebih banyak daripada pria, tetapi orang-orang biasanya memelihara pria karena warna-warna cerah mereka.

Karena ikan Anda biasanya berusia 6 bulan – 1 tahun pada saat Anda membelinya, Anda dapat mengharapkannya hidup selama sekitar dua – dua setengah tahun.

Namun, tidak jarang bagi Bettas hidup sampai usia 4 atau 5 tahun jika mereka diberikan kondisi tangki yang sempurna dan dirawat dengan baik (lebih lanjut tentang ini nanti).

Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik dan Benar

Di alam liar, Bettas hidup di air tawar dangkal seperti kolam, sungai, sawah dan kanal. Mereka asli ke Kamboja dan Thailand, tetapi telah menyebar ke daerah lain sekarang seperti Singapura, Brasil dan Malaysia melalui pengenalan manusia.

Diperkirakan umur ikan Betta di alam liar sedikit lebih pendek daripada di penangkaran. Ini karena perairan tempat mereka tinggal tidak diatur seperti tangki ikan.

Mereka dapat menjadi tercemar, yang dapat menghancurkan sumber makanan dan tanaman dan karenanya mengurangi umur ikan.

Di alam liar, jantan juga lebih sering terpapar jantan. Mereka mendapat nama mereka ‘ Siamese Fighting Fish ‘ karena mereka sangat teritorial dan agresif terhadap ikan lain yang datang ke ruang mereka.

Terkena laki-laki lain lebih sering meningkatkan peluang mereka untuk bertarung, yang meningkatkan kemungkinan kematian lebih awal.

Ikan Betta Liar sebenarnya berada dalam kategori rentan pada Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN karena jumlah polusi yang terpapar pada mereka dan hilangnya habitat mereka karena ekspansi dalam pertanian dan pembangunan di Thailand.

Cara Meningkatkan Umur Ikan Cupang

Jadi sekarang kita tahu berapa lama ikan ini hidup di alam liar dan di penangkaran, kita bisa mulai berpikir tentang cara memaksimalkan panjang hidup mereka.

Ini benar-benar sangat sederhana dan jika Anda mengikuti semua saran di bawah ini, Anda akan meningkatkan peluang memiliki kehidupan yang lebih panjang dan juga meningkatkan kualitas hidup mereka.

Pastikan Anda Memilih Ikan Cupang Yang Sehat

Ketika Anda memilih Betta Anda, sangat penting untuk memilih satu yang sehat (Anda tidak ingin membawa penyakit apa pun ke tangki Anda).

Beli ikan Anda dari toko yang memiliki reputasi baik. Hindari membeli ikan apa pun yang memiliki salah satu dari berikut – faktor-faktor ini dapat menunjukkan ikan tidak dirawat dengan baik dan karena itu mungkin stres dan tidak mungkin hidup lama.

  • Berwarna pucat
  • Sirip robek atau robek
  • Mata melotot
  • Luka atau goresan pada tubuh mereka

Kriteria Ikan yang Baik

  • Berwarna cerah (terutama jika itu laki-laki)Memiliki mata yang jernih
  • Tanggapi saat Anda meletakkan tangan di atas tangki
  • Kami sebutkan sebelumnya bahwa ikan ini biasanya sudah dewasa pada saat dijual di toko hewan peliharaan, jadi patut juga ditanyakan berapa umur ikan itu sebenarnya.
  • Simpan Mereka dalam Tangki Berukuran Tepat

Ikan Cupang Membutuhkan Tangki yang Setidaknya Berukuran 5 Galon

Ketika Anda membeli Betta dari toko hewan peliharaan, Anda akan sering menemukan mereka dijual dalam cangkir atau tangki 1 galon kecil.

Ikan cupang Jantan disimpan di wadah ini di toko-toko karena mereka akan bertarung satu sama lain jika mereka berada di tangki yang sama.

Namun, hanya karena mereka dijual di wadah ini tidak berarti ini adalah tangki ukuran yang dapat diterima.

Anda mungkin pernah mendengar daripada karena di Bettas liar hidup di perairan yang sangat dangkal, sebuah tangki kecil baik-baik saja untuk mereka. Ini tidak benar .

Yang perlu diingat adalah bahwa perairan dangkal tempat mereka tinggal (di alam liar), berlari bermil-mil sehingga mereka memiliki banyak kesempatan untuk berenang dan melarikan diri dari pejantan teritorial lainnya .

Jika Anda memelihara betina sebagai bagian dari komunitas maka kemungkinan Anda akan membutuhkan tangki yang lebih besar.

Jika Anda tidak yakin tangki ukuran mana yang Anda butuhkan, pikirkan berapa banyak ikan yang ingin Anda pertahankan dan persyaratan untuk setiap spesies.

Pisahkan Cupang Jantan

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi untuk meningkatkan harapan hidup Ikan Betta jantan – simpan di tangki terpisah.

Kami sebutkan sebelumnya bahwa mereka memiliki reputasi untuk menjadi agresif dan teritorial. Tepat sebelum abad ke-19, spesies liar dibiakkan untuk membuat ikan yang agresif yang merupakan cara mereka mendapatkan nama panggilan mereka; ikan pertempuran siam.

Bettas digunakan sebagai bentuk hiburan, mirip seperti adu ayam, saat mereka bertarung dalam tank. Sayangnya ini masih praktik umum di Thailand .

Di alam liar jika dua jantan bersaing untuk mendapatkan ruang, mereka akan bertarung selama beberapa menit dan kemudian salah satu dari mereka akan mundur dan menemukan wilayah lain.

Dalam sebuah tangki kecil, ikan itu bisa bertarung sampai mati karena mereka tidak punya tempat untuk melarikan diri. Ikan betina tidak seagresif dan dapat disimpan bersama dengan hati-hati jika mereka memiliki cukup ruang untuk mengklaim sebagai wilayah mereka sendiri.

Untuk memastikan ikan Anda memiliki kehidupan paling bahagia yang terpanjang, jagalah agar jantan tetap terpisah dalam tangki.

Anda bisa menyimpannya di tangki sendiri, atau di tangki komunitas dengan spesies yang kompatibel seperti Rasboras.

Ikaqn cupang dan Rasboras hidup berdampingan secara alami di alam liar sehingga mereka adalah pilihan yang cocok, seperti Neon tetras , Loaches, Bristlenose Plecos, dan Siput .

Gunakan Filter

Sudah menjadi mitos umum bahwa karena di Betta Fish yang liar hidup di sawah, mereka dapat mentolerir air kotor yang tidak dipanaskan.

Perairan di Thailand dipanaskan secara alami karena iklimnya, jadi penting untuk menggunakan pemanas di tangki Anda . Mereka digunakan untuk suhu antara 75-80 ° F.

Penting juga untuk menggunakan filter. Mereka tidak akan berkembang dalam air kotor dan tanpa filter.

Filter akan membersihkan air, mengubah penumpukan amonia dan nitrit menjadi senyawa yang kurang berbahaya, dan juga membuat air tetap diangin-anginkan.

Bahkan dengan filter, masih penting untuk melakukan penggantian air secara teratur untuk menghilangkan penumpukan nitrat.

Mengatur Waktu Makan

Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan umur Betta Anda, salah satu faktor paling penting untuk dipertimbangkan adalah diet mereka.

Diet yang Anda berikan, memengaruhi tingkat pertumbuhan , warna, dan masa hidup mereka.

Bettas adalah karnivora dan di alam liar mereka memakan banyak serangga. Ini bisa sulit untuk ditiru dalam tangki ikan, jadi jika Anda tidak bisa mendapatkan banyak makanan hidup untuk ikan Anda, ada banyak makanan yang bisa Anda gunakan.

Nutrisi yang paling penting bagi mereka adalah protein dan lemak. Anda dapat memilih pelet berkualitas, makanan beku, atau serpihan makanan, tetapi pilihan terbaik Anda adalah memilih pelet yang diformulasikan khusus untuk Bettas.

Pastikan bahan pertama yang tercantum adalah protein untuk memastikan makanan memiliki nilai gizi yang tinggi. Anda tidak ingin terlalu banyak makanan pengisi karena mereka memiliki saluran pencernaan pendek dan tidak dapat memproses pengisi dengan baik.

Jika Anda benar-benar ingin memberi mereka diet terbaik, maka Anda dapat membuat makanan ikan buatan sendiri , dan memastikannya tinggi protein.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti cacing darah dan udang air asin untuk menciptakan campuran yang sempurna.

Sementara kita berada di topik makanan, sangat mudah untuk memberi makan ikan secara berlebihan; ini bisa menyebabkan kembung.

Kembung dapat mempengaruhi kantung renang sehingga mereka tidak akan bisa berenang dan pada akhirnya akan mati jika tidak dirawat.

Beri makan Betta Anda apa yang bisa dimakannya dalam dua menit, dua kali sehari. Ini akan memastikan mereka tetap sehat dan hidup selama mungkin.

Gunakan Tumbuhan untuk Memberikan Oksigen

Kiat terakhir yang kami miliki untuk menciptakan lingkungan terbaik untuk Betta Anda, dan karena itu memperpanjang umurnya, adalah memasukkan tanaman ke dalam pengaturan Anda.

Manfaat memiliki tanaman di akuarium Anda tidak berdasarkan pola makan seperti bagi ikan lainnya. Ikan-ikan ini adalah karnivora sehingga setiap gigitan yang mereka miliki di pabrik akan seperti itu; menggigit!

Menggunakan tanaman hidup meningkatkan kadar oksigen dalam tangki Anda dan memperkaya lingkungan. Ini juga akan mereplikasi lingkungan alami mereka sehingga Anda cenderung melihat perilaku alami mereka.

Menggunakan tanaman juga memberi mereka banyak tempat bersembunyi; ini sangat ideal jika Anda memelihara sekelompok wanita .

Beberapa tanaman terbaik untuk dimasukkan dalam akuarium Betta Anda adalah:

  • Anacharis – Tanaman ini dapat bertahan dalam berbagai kondisi dan tumbuh sangat cepat; hampir mustahil untuk membunuh.
  • Java Fern – Mereka hanya tumbuh sekitar 8 inci sehingga tidak sepenuhnya membanjiri tangki; perlu diingat untuk tidak mengubur akarnya.
  • Java Moss – Ini bagus untuk menumbuhkan dinding karpet, atau mencapai beberapa aquascaping; itu juga sangat mudah untuk dirawat.

Penutup

Nah itu tadi merupakan cara merawat ikan cupang supaya memiliki usia yang panjang. Jika kalian masih kurang yakin denga tips yang di berikan kalian bisa mulai mencoba mengaplikasikannya di rumah.

Sekian dan selamat mencoba di rumah. Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Beri Tanggapan