Cara Memilih Jodoh Menurut Islam Bagi Laki-laki dan Perempuan

Cara memilih jodoh menurut islam – pernikahan merupakan susuatu yang di ajarkan dan di contohkan oleh Rasulullah. Adapun pernikahan sendiri memang harus segera dilakukan oleh semua manusia bagi mereka yang sudah mampu. Karena seperti yang kita tahu bahwa dengan adanya pernikahan sendiri diharapkan bisa tercipta sebuah keluarga yang sakinah, mewadah dan warahmah. Dengan kata lain keluarga yang kita jalani bisa tercipta rasa damai, tenteram dan selalu bahagia. Sementara untuk proses agar bisa melangkah ke sana dalam ajaran islam dikenal dengan istilah ta’aruf.

Pernikahan yang benar dalam ajaran islam adalah pernikahan yang sudah melalui ijab qabul dan disaksikan oleh wali-nya. Jadi itu merupakan cara halal bagi kedua mempelai pria dan wanita untuk menyalurkan nafsu syahwat. Selain itu dengan pernikahan yang halal pula kedua pasangan bisa dikatakan telah mampu menjaga kehormatan diri dan juga mampu menjalankan syariat-syariat islam.

cara memilih jodoh menurut islam
dailymotion.com

Akan tetapi sebelum memutuskan sebuah pernikahan tentunya kita juga harus hati-hati pada saat memilih calon pasangan. Karena semua berharap pernikahan yang dilakukan tidak hanya satu atau dua tahun saja melainkan seumur hidup.

Meskipun tidaklah mudah, namun kita harus percaya seperti apa yang di sebutkan dalam Qs. An-Nur Ayat 26.

اَلْخـَبِيـْثــاَتُ لِلْخَبِيْثـِيْنَ وَ اْلخَبِيْثُــوْنَ لِلْخَبِيْثاَتِ وَ الطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَ الطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبَاتِ.

” Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik.” (Qs. An Nur:26)

Lantas bagaimana cara memilih jodoh menurut islam, seperti apa kriterianya?

Pada dasarnya dalam ajaran agama islam mensyaratkan seseorang dalam memilih pasangan itu yang baik agamanya, selain itu juga harus baik perilakunya dan jelas bibit, bebet, bobotnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan seperti di bawah ini.

Kriteria dan Cara Memilih Jodoh Menurut Islam Untuk Laki-laki

Allah telah berfirman yang artinya:

“Maka, nikahilah perempuan yang kamu senangi dua, tiga atau tempat. Tetapi jika kamu khawatir tidak berlaku adil, maka (nikahilan) seorang saja.“(QS An-Nisa’ 4:3)

Selain itu, Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam juga telah bersabda yang artinya:

“Menikahlah dengan perempuan subur dan disenangi. Karena aku ingin (membanggakan) banyaknya umatku (pada Nabi-nabi lain) di hari kiamat.” (Hadits sahih riwayat Ibnu Hibban, Hakim, Ibnu Majah)

Jelas bahwa dalam memilih pasangan hidup sebaiknya kita sebagai seorang laki-laki haru melihat beberapa kriteria berikut :

Mempunyai Akhlak Dan Pendidikan Yang Baik

mempunyai akhlak yang baik
dailymotion.com

Maksudnya cara memilih jodoh menurut islam di sini adalah perempuan yang solehah. Jadi perempuan yang solehah tepat untuk di jadikan seorang istri terlebih jika juga memiliki pendidikan agama yang baik. Karena secara umum wanita yang mengerti agama maka dia juga pasti mampu dan bisa memahami tugas dan tanggung jawabnya ketika sudah menikah kelak.

Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam juga menegaskan bahwa sebagai seorang pria kita diminta untuk tidak memilih istri hanya dari parasnya yang cantik, keturunan maupun kekayaannya saja melainkan yang lebih penting dari itu semua adalah baik agamanya.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Harrairah RA, Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam telah bersabda yang artinya:

“Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, lalu pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu bahagia.”

Penyayang Dan Berbudi Mulia

penyayang dan mulia
dailymotion.com

Penyayang di sini adalah wanita yang mempunyai sifat penuh cinta yang mana membuat laki-laki kagum terhadapnya. Selain sifat sebenarnya juga harus berbudi mulia, maksudnya bisa menjaga perkataan dan perbuatannya.

Wanita Yang Bisa Memberikan Keturunan

Hal ini termasuk penting mengapa? Karena dengan kita menikahi wanita yang bisa melahirkan maka kita bisa mendapatkan keturunan yang mana nanti bisa meneruskan dakwah kita dan berguna bagi agama.

Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam telah bersabda yang artinya:

“kawinilah perempuan penyayang dan banyak anak …” (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban)

bisa memberikan keturunan
nunnamimi.blogspot.co.id

Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Menurut Al Ghazali dalam Ihya’ Ulumuddin menyatakan bahwa cara untuk melihat seorang wanita bisa melahirkan atau tidak adalah dengan dengan melihat kondisi kesehatan gadis tersebut di masa muda. Sedangkan menurut Syeh Zainuddin bin Abd Azis Al Maliiariy dalam kitab Fathul Mu’in cara yang dilakukan adalah dengan melihat kerabatnya.

Berwajah Cantik Dan Bermahar Ringan

cantik danbermahar ringan
fau2i.blogspot.com

Walaupun kita dilarang memilih wanita hanya dengan melihat parasnya saja, namun dalam pandangan islam juga menekankan bahwa sebaiknya memilih wanita yang elok, paras cantik dan juga menawan ketika di pandang.

Yang tidak kalah penting adalah wanita yang bermahar ringan. Maksudnya di sini adalah wanita yang mau menerima seberapapun mahar yang diberikan oleh suami kelak.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam telah bersabda yang artinya:

“Sebaik-baik wanita adalah wanita yang cantik parasnya dan murah maharnya”

Bukan Dari Kerabat Dekat

Cara memilih jodoh menurut islam yang berikutnya adalah tidak memilih dari kerabat dekat. Kerabat dekat maksunya apa? Jadi kerabat dekat di sini adalah wanita yang bukan atau tidak mempunyai hubungan darah atau kekeluargaan dengan si pria. Karena itu tidak di anjurkan dalam agama.

Bernasab Mulia

Nasab di sini memang penting. Karena wanita yang baik untuk di nikahi haruslah berasal dari keluarga yang juga memiliki agama yang bagus serta dia merupakan sosok yang solehah. Kita bisa lihat dari orang tuanya, apakah mereka termasuk dalam keluarga yang taat dalam menjalankan perintah-perintah agama.

Kriteria dan Cara Memilih Jodoh Menurut Islam Bagi Perempuan

Sebagai calon imam dan pemimpin dalam sebuah keluarga, tanggung jawab seorang suami memang sangat besar. Seorang suami harus bisa memberikan nafkah lahir dan batin serta harus bisa menjadi contoh kepala keluarga yang baik untuk istri dan anak-anak.

Adapun bagi kamu para wanita yang sedang memilih calon suami, sebaiknya perhatikan kriteria caon suami yang baik menurut islam :

Harus Se-iman

pria seiman
youtube.com

Dalam Q.S. Al-Baqoroh ayat 221, Allah SWT telah berfirman yang artinya :

“… dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke Surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

Dari potongan ayat di atas memang penting bagi wanita untuk memilih calon imam yang seiman, terlebih lagi baik agamanya.

Berilmu Dan Berakhlak Mulia

Ini merupakan poin utama yang mana seorang wanita harus memilih pria yang soleh, berakhlak baik serta taat alam menjalankan perintah agama. Mungkin itu yang disebut dengan laki-laki idaman. Sebab laki-laki yang paham agama maka dia nanti kelak akan mampu menjaga kehormatan dirinya dan juga bisa membawa keluarganya jauh dari siksa api neraka.

Itulah beberapa penjelasan cara memilih jodoh menurut islam. Semoga kita bisa terus memperbaiki diri agar mendapatkan pasangan yang baik pula. Semoga bermanfaat.

Beri Tanggapan