Untuk Para Istri, Ini Cara Melayani Suami Menurut Islam yang Benar

Cara Melayani Suami Menurut Islam-Cinta dan kasih sayang yang dibangun atas dasar saling membahagiakan diantara suami dan istri merupakan kunci dari keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.

Oleh sebab itu, dari kedua belah pihak harus saling mengerti kebutuhan dari masing-masing pasangannya. Ada kalanya kita memberi, dan adakalanya juga kita menerima.

Namun sayangnya, untuk bisa saling mengisi dan mengerti ini tidak banyak diketahui oleh orang banyak, sehingga masih sering terjadi ketidak harmonisan dalam rumah tangga.

Bisa jadi terjadinya ketidak harmonisan itu karena kurangnya pengetahuan mengenai apa saja yang bisa membuat pasangan masing-masing bahagia. Berikut adalah cara melayani suami menurut Islam yang bisa kamu praktekkan:

Memberi Sambutan yang Manis

ummionline.com

Darimana saja suami Anda datang, sambutlah ia dengan senyum manis yang baik. Kelelahannya dalam bekerja membutuhkan siraman jiwa yang segar agar kembali bersemangat. Sambutan istri yang baik adalah suplemen yang manjur untuk kembali menyegarkan dirinya yang lelah.

Jika ada kabar buruk, tahanlah dulu untuk sementara waktu, setidaknya sampai lelahnya mulai hilang. Tunjukkanlah sikap terimakasihmu atas sesuatu yang telah ia perbuat, dengan membuatkan teh misalnya, dengan begitu suami akan bertambah sayang dengan Anda.

Senantiasa Tampil Cantik dan Wangi Saat di Rumah

Princess Purple-blogger

Rawatlah tubuh Anda dengan baik, selalu tampil cantik dan wangi. Umumnya, yang terjadi pada istri-istri adalah, mereka tampil cantik dan wangi ketika akan keluar rumah. Sebaliknya, saat berada di rumah hanya tampil seadanya saja.

Dalam Islam justru mengajarkan sebaliknya, yaitu untuk tetap tampil cantik dan wangi saat di rumah, dan tampil apa adanya saat keluar rumah. Sebab kecantikan para istri itu hanya untuk suaminya, bukan orang umum.

Apabila Anda juga termasuk yang memiliki kebiasan diatas, mungkin mulai saat ini bisa merubahnya dengan tampil apa adanya saat keluar rumah.

Bergegas Memenuhi Panggilan Suami

Muslimah-blogger

Bergegaslah untuk memenuhi panggilan suami yang berhasrat membutuhkan istri. Bahkan ketika si istri sedang sibuk memasak, maka bergegaslah untuk memnuhi panggilan suami.

Dari Thalaq bin Ali, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

أَيُّمَا رَجُلٍ دَعَا زَوْجَتَهُ لِحَاجَتِهِ فَلْتَأْتِهِ وَلَوْ كَانَتْ عَلَى التَّنُّوْرِ

“Suami mana saja yang memanggil istrinya untuk memenuhi hajatnya, maka si istri harus/wajib mendatanginya (memenuhi panggilannya) walaupun ia sedang memanggang roti di atas tungku api.”

Diriwayatkan oleh Abu Hatim dalam Shahih-nya dan At-Tirmidzi, ia berkata, “Hadits ini hasan.”

Selain itu para istri juga perlu dalam menjaga kebersihan tubuhnya, tampil wangi dan berkata dengan lemah lembut.

Merasa Puas Dengan Pemberian Allah yang Diberikan Melalui Suami

inspiradata.com

Sebenarnya, dengan ingkarnya seorang istri atas apa yang diberikan suami adalah bentuk ingkar pula kepada Allah. Sebab Allah sudah mewakilkan rizki sang istri melalui suaminya.

Oleh sebab itu, janganlah seorang istri merasa susah dengan pekerjaan suami yang biasa-biasa saja. Apapun profesinya, selagi dia memenuhi kewajibannya memberi nafkah dengan pantas dan baik maka istri wajib menerima dan mensyukurinya.

Namun, alangkah baiknya jika istri mensuport  suami yang sedang dalam kesusahan mencari nafkah/lainnya, bukan malah mencaci atau memarahinya. Sebab, tidak ada lelaki hebat tanpa ada wanita yang mendukunganya di belakang.

Jika Suami Marah, Buatlah Ia Merasa Lega

ummi-online.com

Hindarilah hAl hal yang dapat membuat suami marah, apalagi sampai marah berkepanjangan. Namun namanya rumah tangga, tidak menutup kemungkinan terjadinya hAl hal itu.

Apabila suami marah, redamlah ia dengan halus, jika yang bersalah istri mintalah maaf dan ridhonya dengan baik. Namun jika yang bersalah adalah suami, biarkan amarahnya redam dulu, kemudian diskusikan dengan baik pada waktu yang baik.

Menjaga Diri Saat Suami Tidak Ada

myfitriblog.wordpress.com

Menjaga diri saat suami sedang tidak ada di rumah itu hukumnya wajib bagi istri. Jagalah diri dari segala sesuatu yang diharamkan atau menjerumus ke haram.

Jagalah rahasia-rahasia dapur keluarga, terutama yang berkaitan dengan hubungan ranjang suami-istri. Selain itu juga menjaga rumah dengan baik, menjaga anak-anak, dan apa saja yang ada di rumah.

Dan jangan pernah keluar rumah tanpa adanya izin dari suami, enath suami sedang ada di rumah atau tidak. Jangan terima kedatangan orang-orang yang tidak di senangi oleh suami, jangan biarkan mereka masuk.

Cemburu Dengan Terpuji

windanote.blogspot.com

Cemburu adalah adanya indikasi rasa cinta yang kuat. Seorang istri yang cemburu dengan suaminya menunjukkan betapa besarnya rasa cinta dan sayangnya istri kepada suami. Namun, cemburu itu tetap harus masih dalam batas dan koridor kewajaran sesuai dengan ajaran islam.

Dalam artian, boleh saja cemburu, namun jangan sampai kecemburuan itu menimbulkan caci maki atau bahkan gunjingan kepada orang lain. Dan jangan sampai menimbulkan keraguan yang tidak berdasar dan tanpa alasan.

Menunjukkan Rasa Hormat Kepada Orang-orang Terdekatnya

voa-islam.com

Tunjukkanlah rasa hormat kepada keluarga dan kerabata suami, terutama kepada orang tuanya. Seorang istri harus bisa menjaga diri untuk tidak bermasalah dengan keluarga dan kerabat dari suami.

Jangan pernah lakukan untuk memojokkan suami pada posisi harus memilih antara Ibu dan Istri secara dilematis. Ini adalah hal yang sangat tidak terpuji untuk dilakukan oleh seorang istri.

Sebaliknya, seorang istri harus menunjukkan keramahannya kepada tamu, kerabat dan keluarga suami. Dorong suami untuk tetap menjalin hubungan dengan baik kepada kerabat dan keluarganya.

Dengan begitu, seorang istri ikut membantu dalam membangun kebaikan dan keharmonisan keluarga suaminya. Istri yang demikian inilah yang menjadi idaman bagi setiap laki-laki.

Beri Tanggapan