Cara Membuat Waffle yang Lembut dan Enak

Cara Membuat Waffle – Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat populer di daerah Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang sudah mulai menyebar ke daerah kita, yang demikian itu nampak dari banyaknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan restoran. Jenis waffle yang paling terkenal ialah kue waffle dari negara Belgia yang memiliki nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.

Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukanlah menu asli Indonesia, tetapi makanan ini sangat banyak dijumpai di cafe yang terdapat di tanah air.

Saat proses pembuatan roti waffle terkadang yang sukar untuk anda lakukan adalah menemukan pencetak khusus roti waffle yang memiliki karakteristik berbeda dengan cetakan roti lainnya. Akan tetapi untuk pembuatan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda dapat dengan mudah untuk membuatnya.

Waffle sangat cocok digunakan untuk sarapan, biasanya kue waffle dihidangkan bersama topping strawberry, coklat atau lainnya sesuai keinginan, kue waffle juga biasa disandingkan bersamaan dengan kopi. Ada juga sebagian orang yang lebih memilih mengkonsumsi waffle sebagai dessert.

Akan tetapi apakah anda sudah mengetahui bahwa roti waffle mempunyai beraneka macam jenis? Berikut 6 varian waffle yang paling terkenal di dunia :

Macam-macam kue waffle

kompasiana.com

Berikut ini merupakan beberapa varian roti waffle yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Inilah keterangannya:

a. American Waffles

Ini ialah jenis kue waffle yang disajikan di All Good. Waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya American Waffles mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan volume yang padat. Walau mempunyai ukuran padat, America waffles tetap mudah dipotong seperti pancake.

b. Belgian Waffles

Waffle Belgia biasanya memiliki berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sesungguhnya bila melihat dari sejarahnya, Aslinya Waffle Belgia hanya dicampur gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Pencampuran topping di waffle Belgia ini dapat dibilang telah merubah keautentikannya.

c. The Liège waffles

Bahan The Liège waffles diadaptasi dari bahan roti Brrioche yang memiliki rasa manis. Itulah yang menyebabkan the liege waffles terasa padat dan manis di lidah.

d. Waffle Hong Kong

Di negara Hong Kong, roti waffle biasanya dijual oleh penjual asongan. Mereka dapat menikmatinya disaat kondisi hangat.

Hong Kong Waffles memiliki tekstur bulat-bulat seperti kue cubit. Pedagang waffle di negara ini memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles

Scandinavian waffles dicetak tipis kemudian dibentuk seperti hati. Biasanya di atas waffle Scandinavia diberi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels

kue waffle bergaya negara kincir Belanda ini mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.
adalah waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, Stroopwafels adalah waffle yang dipotong menjadi dua bagian saat masih di dalam proses dipanggang. Kemudian waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle

nanangsijabat.xyz

Cara membuat waffle yang akan kami paparkan ini ialah resep yang tidak banyak berbeda dengan cara waffle belgia yang sudah cukup terkenal, sehingga menjadikan waffle ini menjadi sangat enak dan gurih.
Untuk mendapatkan waffle yang nikmat dan sehat anda membutuhkan berbagai bahan-bahan berikut ini :

a. 1/4 kg tepung terigu.

b. 1/20 kg margarin yang dicairkan terlebih dulu.

c. Dua gelas susu cair.

d. ½ sdt garam dapur.

e. 3 kuning telur ayam.

f. 3 butir putih telur ayam.

g. Dua sendok gula pasir putih.

h. 4 sdt baking powder siap saji.

i. Terakhir vanila powder, secukupnya.

Resep Membuat Roti Waffle Spesial Renyah Gurih.

cintaihidup.com

a. Sediakan dua tempat yang berbeda untuk sarana mencampurkan bahan adonan, letakan tepung, gula pasir, garam halus, vanila powder, dan baking powder pada tempat awal, setelah itu aduk hingga tercampur rata.

b. Kemudian campurkan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, selanjutnya aduk sampai merata.

c. Selanjutnya campurkan adonan cair pada wadah kedua ke wadah pertama, kemudian aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata.

d. Berikutnya masukan putih telur ke dalam mesin mixer hingga berubah warna menjadi putih seperti warna busa sabun.

e. Pindahkan hasil mixeran putih telur ke wadah 1, kemudian aduk lagi sampai tercampur dengan rata.

f. Panaskan loyang waffle sembari mengolesi semua bagian atas loyang dengan margarin.

g. Tuangkan adonan waffle secukupnya, usahakan semua permukaan loyang ditutup dengan adonan kemudian tutup dengan rapat.

h. Setelah itu biarkan sampai waffle matang, angkat lalu taburkan setiap bagian palingatas dengan beraneka macam toping sesuai dengan selera anda.

i. Setelah itu waffle lezat gurih siap untuk disajikan.

j. Biarkan adonan hingga mengembang agar nantinya terhidangkan waffle yang lezat dan gurih.

k. Terakhir oleskan madu, sirup mafel, es krim, selai strowberry, dan lainsebagainya tergantung kehendak anda.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Kamu ingin membuat es krim? cukup dengan mesin es krim tidak perlu ribet bikin eskrim yang lezat dan nikmat.

Beri Tanggapan