14 Sayuran Paling Sehat di Bumi

Sayuran populer karena baik untuk kesehatan Anda. Mayoritas sayuran rendah kalori tetapi lebih tinggi vitamin, mineral, dan benang.

Namun, beberapa sayuran berdiri terpisah dari yang lain dengan tambahan manfaat kesehatan dan kesejahteraan yang efektif, seperti kemampuan untuk melawan iritasi atau mengurangi risiko kondisi.

Artikel singkat ini membahas 14 sayuran paling sehat dan mengapa Anda harus memasukkan semuanya dalam diet Anda.

1. Bayam

Daun segar ini menjadikan grafik sebagai salah satu sayuran paling sehat, dengan bantuan nutrisi yang mengesankan.

Satu cangkir (30 gram) bayam hijau mentah menyediakan 56% dari kebutuhan vitamin A harian Anda ditambah seluruh kriteria vitamin K Anda sehari-hari – semua hanya untuk 7 lemak (1).

Bayam hijau juga memamerkan banyak antioksidan, yang dapat dengan mudah membantu mengurangi risiko kondisi kesehatan kronis.

Satu studi penelitian menemukan bahwa sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam tinggi beta-karoten dan juga lutein, dua jenis anti-oksidan yang terkait dengan penurunan risiko kanker (2Trusted Source).

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi bayam hijau mungkin sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan jiwa, karena dapat mengurangi tekanan darah (Sumber 3Trusted).

Ringkasan:
Bayam hijau sebenarnya kaya akan anti-oksidan yang dapat mengurangi ancaman penyakit persisten, karena dapat menurunkan aspek ancaman seperti tekanan darah tinggi.

2. Wortel

Wortel sebenarnya penuh dengan vitamin A, memberikan 428% dari nilai harian yang disarankan hanya dalam satu cangkir (128 gram) (4).

Mereka terdiri dari beta-karoten, anti-oksidan yang memberikan wortel warna oranye yang hidup dan dapat membantu dalam perlindungan sel kanker (5Trusted Source).

Satu studi mengungkapkan bahwa untuk setiap porsi wortel per minggu penuh, risiko individu kanker prostat berkurang hingga 5% (6Trusted Source).

Sebuah penelitian tambahan mengungkapkan bahwa makan wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok juga. Berbeda dengan mereka yang mengonsumsi wortel setidaknya dalam waktu seminggu, perokok yang tidak makan wortel memiliki risiko 3 kali lebih baik terkena sel kanker bronkus (7Trusted Resource).

Wortel sebenarnya juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan kalium darah yang tinggi.

Kehabisan:
Wortel sebenarnya sangat tinggi beta-karoten, yang dapat berubah menjadi vitamin A dalam tubuh fisik. Kandungan antioksidan yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi risiko bronkus dan juga kanker prostat.

3. Brokoli

Kubis adalah milik orang-orang terkasih dari sayuran.

Ini berlimpah dalam zat vegetasi yang mengandung belerang yang dikenal sebagai glukosinolat, serta sulforaphane, hasil dari glukosinolat (Sumber Daya 8Trusted).

Sulforaphane adalah penting selama itu sebenarnya telah terbukti memiliki dampak perlindungan terhadap sel-sel kanker.

Dalam satu penelitian penelitian pada makhluk, sulforaphane berhasil mengurangi ukuran dan variasi sel kanker payudara sementara juga menghentikan pertumbuhan kista pada tikus (9Trusted Source).

Makan kol dapat membantu mencegah berbagai jenis kondisi kesehatan kronis lainnya.

Sebuah studi penelitian hewan tahun 2010 menemukan bahwa makan kubis mungkin dapat mengamankan pusat dari kecemasan oksidatif penyebab penyakit dengan secara substansial mengurangi jumlah oksidan (10Trusted Source).

Selain potensinya untuk mencegah penyakit, brokoli juga diisi dengan nutrisi.

Satu cangkir (91 gram) brokoli mentah menghasilkan 116% dari kebutuhan vitamin K reguler Anda, 135% dari kebutuhan vitamin C sehari-hari serta jumlah folat, kalium, dan mangan yang sangat baik (11).

Kesimpulan:
Kubis adalah sayuran silangan yang mengandung sulforaphane, zat yang dapat menghentikan perkembangan kanker. Mengkonsumsi kubis juga dapat membantu mengurangi risiko kondisi parah melalui pengamanan terhadap stres dan kecemasan oksidatif.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki catatan panjang memanfaatkan sebagai tanaman obat, dengan asal-usul menelusuri kembali ke Cina lama dan juga Mesir (Sumber 12Trusted).

Bahan energetik utama dalam bawang putih adalah allicin, bahan tanaman yang sebagian besar bertanggung jawab atas beragam manfaat kesehatan bawang putih (13Trusted Resource).

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat dengan mudah mengontrol gula darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

Dalam satu penelitian penelitian terhadap hewan, tikus pengidap diabetes ditawari minyak bawang putih atau bahkan dialil trisulfida, komponen bawang putih. Setiap bahan bawang putih mengurangi kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam darah (Sumber yang Dipercaya).

Namun studi lain memberi makan bawang putih untuk individu baik dengan maupun tanpa masalah jantung. Hasil menunjukkan bahwa bawang putih mampu menurunkan kolesterol aliran darah lengkap, trigliserida serta kadar kolesterol LDL sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL di setiap kelompok (15Trusted Source).

Bawang putih mungkin bermanfaat dalam pencegahan sel kanker secara bersamaan. Satu penelitian tabung menunjukkan bahwa allicin menginduksi kematian sel dalam jaringan kanker hati manusia (16Trusted Source).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami potensi efek anti-kanker bawang putih.

Rekap:
Studi penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi jumlah trigliserida darah. Beberapa penelitian sebenarnya juga menemukan bahwa itu mungkin dapat mengurangi kadar gula darah dan juga mungkin memiliki hasil anti-kanker, walaupun diperlukan lebih banyak analisis.

5. Kubis Brussel

Seperti kubis, kubis Brussel termasuk sayuran yang dicintai dan juga termasuk bahan tanaman yang meningkatkan kesehatan.

Kecambah modal juga termasuk kaempferol, antioksidan yang mungkin sebenarnya sangat membantu dalam melindungi terhadap kerusakan jaringan (17Trusted Resource).

Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa kaempferol melindungi terhadap radikal bebas, yang berakibat pada kerusakan oksidatif pada jaringan dan dapat menyebabkan penyakit persisten (18Trusted Source).

Konsumsi kecambah modal dapat membantu memperkaya pembersihan pada saat yang sama.

Satu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kecambah Capital menyebabkan peningkatan 15 – 30% dalam sejumlah bahan kimia tertentu yang mengendalikan detoksifikasi, yang dapat menurunkan risiko kanker usus besar (19Trusted Source).

Selain itu, kecambah Capital sangat padat nutrisi. Setiap pemenuhan menghasilkan sejumlah mineral dan vitamin yang sangat baik, terdiri dari vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, mangan, dan juga kalium darah (20).

Ringkasan:
Kecambah brussel terdiri dari antioksidan yang disebut kaempferol, yang dapat mencegah bahaya oksidatif terhadap jaringan serta mencegah kondisi persisten. Mereka juga dapat membantu memperkaya pembersihan internal dalam tubuh fisik.

6. Kale

Seperti berbagai sayuran berdaun lainnya, kubis terkenal dengan kualitas tinggi yang meningkatkan kesehatannya sendiri, menampilkan kepadatan nutrisi serta kandungan web antioksidan.

Secangkir (67 gram) kubis mentah mengandung banyak vitamin B, kalsium, kalium dan tembaga.

Selain itu memenuhi seluruh kebutuhan harian Anda untuk vitamin A, C dan K (21).

Karena volume anti-oksidan yang tinggi, kubis mungkin juga bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pusat kesehatan.

Dalam penelitian 2008, 32 pria dengan kolesterol tinggi mengonsumsi alkohol 150 ml ekstrak kubis setiap hari selama 12 minggu. Dengan kesimpulan penelitian, kolesterol HDL meningkat sebesar 27%, kadar kolesterol LDL menurun sebesar 10% dan juga tugas antioksidan sebenarnya meningkat (22Trusted Source).

Namun studi penelitian lain mengungkapkan bahwa konsumsi jus kubis alkohol dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta mungkin benar-benar membantu dalam menurunkan kolesterol aliran darah dan glukosa darah (23Trusted Resource).

RINGKASAN:
Kubis sebenarnya kaya akan vitamin A, C, dan K selain antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus kale dapat mengurangi tekanan darah dan juga kadar kolesterol LDL sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL.

7. Kacang Hijau

Hijau melihat sayuran bertepung. Ketika dimakan dalam jumlah besar, ini berarti mereka memiliki jumlah karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi daripada sayuran yang tidak mengandung zat tepung dan dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Apapun, kacang kehijauan sangat bergizi.

Satu cangkir (160 gram) kacang hijau siap saji mengandung 9 gram benang, 9 gram protein dan vitamin A, C dan juga K, riboflavin, tiamin, folat dan niasin (24).

Karena mereka benar-benar tinggi serat, sayuran mempertahankan kesehatan pencernaan dengan meningkatkan mikroorganisme yang menguntungkan di usus Anda dan juga memasarkan pergerakan usus yang normal (25Trusted Source).

Kacang polong kaya akan saponin, sekelompok senyawa tanaman yang dikenal karena efek anti kankernya (26Trusted Source).

Studi menunjukkan bahwa saponin dapat membantu melawan kanker dengan mengurangi perkembangan kista dan menyebabkan kematian sel dalam jaringan kanker (27Trusted Resource).

Rekap:
Kacang polong ramah lingkungan mengandung volume serat yang sangat baik, yang membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Mereka juga memiliki senyawa vegetasi yang disebut saponin, yang mungkin memiliki hasil anti kanker.

8. Swiss Chard

Bit Swiss sebenarnya berkurang kalori namun banyak mengandung vitamin dan mineral penting.

Satu cangkir (36 gram) hanya mengandung 7 kalori, 1 gram benang, 1 gram protein sehat, serta banyak sekali vitamin A, C, dan juga Mangan, magnesium, dan k (28).

Bit Swiss dikenal karena potensinya untuk mencegah kerusakan yang dipicu oleh diabetes mellitus.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan peliharaan, chard removal ditemukan untuk membalikkan hasil diabetes melalui meminimalkan jumlah kadar glukosa darah dan menghindari kerusakan sel akibat penyakit yang menyebabkan radikal bebas (29Trusted Resource).

Berbagai penelitian hewan peliharaan lainnya telah benar-benar menunjukkan bahwa informasi antioksidan dari ekstraksi bit dapat dengan mudah mengamankan hati dan ginjal yang berasal dari hasil diabetes mellitus yang tidak menguntungkan (30Trusted Resource, 31Trusted Resource).

Kesimpulan:
Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bit Swiss mungkin melindungi terhadap hasil buruk diabetes mellitus dan mungkin meminimalkan kadar gula darah.

9. Akar jahe

Asal jahe sebenarnya digunakan sebagai bumbu dalam segala hal mulai dari hidangan sayuran hingga suguhan.

Secara historis, jahe sebenarnya juga telah digunakan sebagai obat alami untuk kinetosis (32Trusted Resource).

Banyak penelitian telah membuktikan dampak menguntungkan dari jahe pada mual atau muntah. Dalam sebuah testimonial yang terdiri dari 12 penelitian dan juga hampir 1.300 wanita yang menunggu, akar jahe secara dramatis mengurangi mual atau muntah dibandingkan dengan pil gula (33Trusted Source).

Akar jahe juga memiliki sifat residu antiinflamasi yang kuat, yang dapat praktis dalam mengobati kondisi terkait peradangan seperti lupus, radang sendi atau asam urat (34Trusted Resource).

Dalam satu studi penelitian, peserta dengan osteoartritis yang ditangani dengan ekstraksi jahe yang kuat mengalami pengurangan nyeri kaki dan obat untuk berbagai gejala lainnya (35Trusted Resource).

Studi penelitian tambahan merekomendasikan bahwa jahe dapat membantu dalam terapi masalah diabetes pada saat yang sama.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 melihat dampak suplemen jahe pada diabetes. Setelah 12 minggu penuh, jahe sebenarnya berguna untuk mengurangi jumlah kadar glukosa darah (36Trusted Source).

Kehabisan:
Studi penelitian menunjukkan bahwa jahe mungkin dapat mengurangi mual atau muntah serta meminimalkan pembengkakan. Suplemen jahe juga dapat membantu mengurangi gula darah.

10. Asparagus

Sayuran musim semi ini kaya akan banyak vitamin dan mineral, menjadikannya tambahan yang luar biasa untuk semua jenis diet.

Cukup setengah cangkir (90 gram) persediaan asparagus sepertiga dari kebutuhan folat Anda sehari-hari.

Kuantitas ini juga menghasilkan banyak selenium, vitamin Riboflavin, k dan thiamin (37).

Memperoleh folat yang cukup yang berasal dari sumber daya seperti asparagus dapat dengan mudah menawarkan pertahanan yang berasal dari kondisi kesehatan dan dapat dengan mudah melindungi terhadap kelainan bawaan silinder organ saraf selama kehamilan (38Trusted Resource, 39Trusted Resource).

Beberapa penelitian tabung juga menunjukkan bahwa asparagus dapat bermanfaat bagi hati melalui mempertahankan fungsi metabolisme sendiri dan juga mengamankannya dari keracunan (40Trusted Resource).

Kehabisan:
Asparagus sebenarnya sangat tinggi pada folat, yang mungkin membantu menghentikan kelainan tabung organ saraf. Penelitian tabung reaksi sebenarnya juga menemukan bahwa asparagus dapat dengan mudah membantu fungsi hati dan mengurangi bahaya keracunan.

11. Kubis Kemerahan

Sayuran ini berasal dari keluarga sayuran silangan dan, seperti halnya orang-orang yang dicintainya sendiri, penuh dengan antioksidan serta properti perumahan atau komersial yang meningkatkan kesehatan.

Satu cangkir (89 gram) kubis kemerahan mentah mengandung 2 gram benang dan 85% dari kebutuhan vitamin C harian (41).

Kubis kemerahan juga banyak mengandung anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman yang menghasilkan warna berbeda yang spesifik bersama dengan sejumlah fasilitas kesehatan dan kebugaran.

Dalam sebuah penelitian hewan peliharaan 2012, hewan pengerat sebenarnya disediakan rejimen diet yang dibuat untuk meningkatkan kadar kolesterol dan juga meningkatkan rongga yang menyebabkan akumulasi plak di kanal. Tikus-tikus itu pada saat itu menawarkan ekstraksi brokoli merah.

Studi ini menemukan bahwa esensi kubis kemerahan mampu melindungi terhadap kenaikan kadar kolesterol aliran darah dan juga mempertahankan versus kerusakan pada jiwa dan hati (42Trusted Resource).

Hasil akhir ini dipertahankan melalui penelitian hewan peliharaan lain pada tahun 2014 yang menyajikan bahwa brokoli merah dapat mengurangi pembengkakan dan juga mencegah kerusakan hati pada tikus yang diberi rejimen diet tinggi kolesterol (43Trusted Source).

Kehabisan:
Brokoli merah mengandung banyak benang, vitamin C, dan anthocyanin. Penelitian tertentu menunjukkan bahwa itu mungkin menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi peradangan dan menurunkan ancaman jantung serta kerusakan hati.

12. Kentang putih yang enak

Dikategorikan sebagai sayuran asli, kentang putih yang menarik perhatian karena warna oranye yang meriah, rasa yang menyenangkan dan juga manfaat kesehatan yang mengesankan.

Satu kentang yang cukup enak mengandung 4 gram serat, 2 gram protein sehat dan vitamin C, vitamin B6, potasium, dan mangan yang sangat baik (44).

Ini juga tinggi dalam jenis vitamin A yang disebut beta-karoten. Satu ubi jalar memenuhi 438% dari kebutuhan vitamin A harian Anda (44).

Konsumsi beta-karoten sebenarnya telah dikaitkan dengan pengurangan yang cukup besar dalam risiko jenis kanker tertentu, menampilkan bronkus dan kanker payudara (45Trusted Source, 46Trusted Resource).

Rincian jenis kentang putih yang menyenangkan mungkin juga memiliki manfaat pinggiran. Sebagai contoh, Caiapo sebenarnya adalah bentuk kentang putih yang menyenangkan yang mungkin memiliki efek anti-diabetes.

Dalam satu penelitian, orang dengan diabetes mellitus sebenarnya ditawarkan 4 gram Caiapo setiap hari selama 12 minggu penuh, memicu penurunan kadar glukosa darah dan kadar kolesterol darah (47Trusted Source).

Rekap:
Ubi jalar lebih tinggi dalam beta-karoten, yang mungkin mengurangi bahaya beberapa bentuk kanker. Kentang putih manis mungkin juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan juga kadar glukosa darah.
Tigabelas. Sejenis sawi
Kale green adalah sayuran yang kaya nutrisi.

Satu cangkir (190 gram) collard green yang disiapkan meliputi 5 gram serat, 4 gram protein dan 27% dari kebutuhan kalsium harian Anda (48).

Faktanya, collard greens adalah salah satu sumber daya kalsium tanaman yang paling efektif sesuai permintaan, bersama dengan berbagai tanaman ramah lingkungan lainnya, brokoli dan juga kacang kedelai.

Konsumsi mineral kalsium yang cukup berasal dari sumber tanaman dapat memasarkan kesehatan tulang dan sebenarnya telah terbukti mengurangi bahaya tulang rapuh (49Trusted Source).

Kale green juga tinggi antioksidan dan juga dapat meminimalkan risiko penyakit tertentu.

Satu penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi lebih dari satu penyediaan kale eco-friendlies per minggu sebenarnya terkait dengan 57% risiko glaukoma berkurang, gangguan mata yang dapat menyebabkan kebutaan (50Trusted Resource).

Sebuah studi penelitian tambahan mengungkapkan bahwa konsumsi sayuran dalam keluarga Brassica yang tinggi, yang meliputi collard eco-friendlies, dapat mengurangi risiko sel kanker prostat (51Trusted Source).

Ringkasan:
Persahabatan lingkungan Collard lebih tinggi kalsium, yang bisa mengurangi bahaya osteoporosis. Konsumsi rutin collard eco-friendlies juga dikaitkan dengan bahaya glaukoma yang berkurang serta kanker prostat.

14. Kohlrabi

Selain itu disebut brokoli lobak atau lobak Jerman, kohlrabi adalah sayuran yang terkait dengan brokoli yang bisa dimakan mentah atau dimasak.

Kohlrabi mentah sebenarnya memiliki benang yang tinggi, memberikan 5 gram setiap cangkir (135 gram). Ini sebenarnya juga diisi dengan vitamin C, memberikan 140% dari nilai pasar setiap hari setiap cangkir (52).

Penelitian telah menunjukkan bahwa informasi antioksidan dari kohlrabi menjadikannya alat yang ampuh melawan pembengkakan dan juga diabetes mellitus (53Trusted Source).

Dalam satu studi makhluk, ekstrak kohlrabi berhasil mengurangi kadar gula darah hingga 64% hanya dalam tujuh hari pengobatan (54Trusted Source).

Meskipun ada berbagai jenis kohlrabi yang dapat diakses, penelitian menunjukkan bahwa kohlrabi merah memiliki hampir dua kali lipat volume anti-oksidan fenolik serta menunjukkan efek anti-diabetes dan juga anti-inflamasi yang lebih kuat (53Trusted Source).

Rekap:
Kohlrabi berlimpah dalam serat dan vitamin C. Studi penelitian makhluk mengungkapkan bahwa kohlrabi mungkin dapat menyebabkan penurunan glukosa darah.

Garis bawah

Dari menyediakan vitamin dan mineral penting hingga menghilangkan penyakit, sangat jelas bahwa menampilkan sayuran dalam makanan Anda sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran.

Sementara sayuran yang tercantum di sini sebenarnya telah diteliti secara ekstensif untuk manfaat kesehatan dan kesejahteraan mereka, ada banyak sayuran bahkan lebih yang juga luar biasa untuk kesehatan Anda.

Menjamin bahwa Anda benar-benar mendapatkan campuran sayuran yang baik dalam diet Anda untuk memanfaatkan sebagian besar manfaat kesehatannya yang beragam dan juga menerima manfaat nutrisi terbaik untuk uang Anda.

Bila anda ingin menambah wawasan tentang manfaat atau cara menanam sayuran atau tanaman lainnya, silhakan kunjungi plantationa.com.

Beri Tanggapan